Sudahkah Anda Menjadi Pekerja yang Cerdas?

Banyak orang bekerja orientasinya untuk mendapatkan gaji, karena dari uang gaji tersebut mereka dapat melangsungkan hidup. Ingatlah bahwa semakin lama harga kebutuhan semakin naik, tak di pungkiri bahwa beberapa diantaranya mencari pekerjaan tambahan agar bisa bertahan di tengah situasi krisis seperti saat ini. Selain kerja kantoran, ada beberapa yang melakukan pekerjaan berdasarkan hobi, seperti penulis, pelukis, musisi atau pekerjaan seni lainnya.

Namun dari semua jenis pekerjaan yang ada, tak semuanya bisa menjadikan orang cerdas melakukan pekerjaannya. Ada aspek lain sehingga mereka merasa tidak nyaman bekerja. Seperti misal, melakukan suatu pekerjaan yang tak sesuai dengan passion. Apa yang dirasakan di dalamnya, selain tidak betah biasanya ada rasa kurang puas atas hasil yang dicapai. Hal ini sebenarnya sudah menunjukkan bahwa kalian harus segera mencari bidang yang lainnya. Bekerja cerdas bisa dimulai dari hal-hal berikut ini:

● Menggunakan waktu seefektif mungkin. Berilah target pada setiap pekerjaan yang akan Anda lakukan, misalnya dalam 3 jam semua laporan harus selesai atau sejenisnya, dengan begitu kalian bisa mengukur kemampuan diri. Lumayan bukan, jika ada sedikit waktu luang yang tersisa untuk bersantai, namun meskipun ada sistem kejar tayang tetap perhatikan keakuratan 100%.

● Banyak belajar dari kesalahan. Ada yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, jadi sekali melakukan kesalahan memang tak masalah, namun jangan terus diulangi. Pendidikan juga tak hanya bisa didapatkan dari lembaga formal saja melainkan juga non formal artinya lebih banyak dari pengalaman, tak masalah Anda belum menamatkan bangku pendidikan namun sudah bekerja, karena suatu saat nanti pasti ilmu yang didapatkan akan berguna untuk kedepannya.

● Membangun koneksi dan sumber daya. Bekerja sudah pasti melibatkan berbagai orang dari beragam kalangan, jenis pekerjaan yang nyaman bukan hanya yang senang ditempatkan menyendiri, tetapi bagaimana kalian bisa nyaman menjalin relasi dengan orang lain, semakin banyak relasi sebenarnya memudahkan Anda di dalam meminta bantuan jika sewaktu-waktu ada yang diperlukan, kalian yang banyak koneksi juga tak perlu sungkan saat memutuskan untuk berhenti kerja dan mencari tempat lain.

● Mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri. Setiap orang memiliki 4 daerah di dalam dirinya, diantaranya adalah daerah buta, gelap, terang dan daerah dimana orang lain bahkan diri sendiri pun tak tau.

Daerah terang dan gelap dimana kita bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Caranya dengan sering mencoba dan menyuruh orang lain menganalisis potensi yang kita miliki. Mengenal potensi memungkinkan kamu untuk bekerja sesuai dengan passion.

● Mencari jalan pintas. Yang dimaksudkan sebagai jalan pintas bukan dengan menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan, melainkan mencari jalan tercepat dan termudah untuk menyelesaikan pekerjaan, seiring dengan kemahiran yang dimiliki. Hal-hal semacam ini pasti bisa ditemukan sendirinya.

Cerdas dan bekerja akan menambah pengalaman dan membuatmu semakin pintar. Jangan salah karena semua bidang usaha ternyata membutuhkan pemikiran yang brilian, bahkan seseorang yang hanya mengandalkan tenaganya sekalipun.

10884809_10202872059596257_2073303318_n-Optimized

Lihat saja beberapa diantaranya yang pasti tak akan mau bekerja tanpa ada upah yang sepadan. Menengok gaji pegawai bank yang kiranya cukup besar, tak sebanding dengan pekerjaanya yang hanya duduk diam, melayani konsumen dalam ruangan ber-AC. Namun tahukah kita bahwa mereka juga memiliki konsekuensi saat terjadi kesalahan hitung. Bbekerja di bidang ini juga memiliki resiko tinggi yang berhubungan dengan tindak kejahatan.

Leave a Reply