Blogging · Jalan-jalan

Hari Blogger Nasional, yuk semangat Membangun Kredibilitas Blogger!

Tanggal 26 – 27 Oktober kemarin hawa blogger kota Surabaya sangat panas. Terutama hawa di kalangan para netizen (baca blogger) yang selama 2 hari di gembleng wawasannya tentang bagaimana membangun kredibilitas blogger.

Blogger di depan Hotel Yello Jemursari Surabaya
Blogger di depan Hotel Yello Jemursari Surabaya

Sudah tau, kan, kalau tanggal 27 ada momen penting?
Kalau ada yang nyebut Hari Listrik Nasional itu betul, tapi masih ada lagi tanggal penting untuk para blogger. Jadi, tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional…

Yang baru tau perayaan ini kasian banget, deh, kamuu… hehe

Tahun 2015 ini kembali perayaan Hari Blogger di laksanakan dengan meriah. Setelah 2 tahun perayaan besar di kalangan blogger hiatus, tahun ini Juara Agency membuat gebrakan dengan konsep yang jauh berbeda dari sebelum-sebelumnya, yaitu menghadirkan even Blogger Camp.

Even Blogger Camp merupakan acara kopdar Blogger yang di selenggarakan di 4 kota. Diantaranya Surabaya, Jakarta, Makassar, dan Purwokerto. Kemasan acaranya sangat menarik, blogger diajak tinggal di hutan dan menikmati suasana alam yang jauh dari rutinitas ibukota.

Kopdar di mulai jam 14 di Yello Hotel Surabaya. Yello Hotels ini adalah hotel baru di kawasan Surabaya Selatan. Konsep yang diusung Yello Hotels berbeda dari hotel lainnya. Di sana kita dapat menemukan oase technologi yang dibalut dengan kesan casual. Tamu yang menginap di hotel ini tidak harus datang langsung menemui resepsionis, sebaliknya, resepsionis yang menemui tamu dengan membawa gadget dan tamu dipersilakan mengisi data sendiri secara online. Ketika duduk menunggu kita dapat bermain game yang telah disediakan. Yello Hotels memiliki 150 kamar dengan 1 jenis kamar, yaitu Yello Room. Hotel ini dibawah manajemen Tauzia Hotel.

Mainan gadget di Yello Hotel
Mainan gadget di Yello Hotel

Puas melihat kamar dan bermain game, peserta Blogger Camp memulai perjalanan menuju The Pines, Taman Dayu, Pandaan, Jawa Timur, menggunakan bis Blue Bird. Fasilitas bis Blue Bird mewah dan nyaman. Panitia bahkan sempat mengadakan kompetisi karaoke dangdut sambil berjoget. Pemenang lomba mendapatkan hadiah voucher Blue Bird. Dia adalaaahh.. Upit!! Selamaatt.. 😀

Upit Karaoke di Bis Blue Bird
Upit Karaoke di Bis Blue Bird

Blogger Camp Surabaya 2015

Seperti yang saya bilang diatas, konsep Blogger Camp sangat seru. Di The Pines, blogger akan menginap di dalam tenda, dengan 1 tenda berisi 6 orang. Jelas ini akan membuat persahabatan para blogger menjadi lebih lekat. Bila sebelumnya ada yang belum mengenal satu sama lain, maka ada harapan mereka pulang membawa jalinan pertemanan yang lebih ‘romantis’.

Terbukti, ketika malam hari, saya dan para blogger kompak berkumpul di pendopo Bale Segawe. Acara sharing yang sebelumnya bersamaan dengan api unggun harus di tunda selama beberapa jam karena blogger sangat antusias mendengarkan materi narasumber, yang malam itu di bawakan oleh.. hmm saya :D, yang membahas tentang fenomena job review, juga narasumber dari tim Blue Bird.

Antusias mendengarkan nara sumber
Antusias mendengarkan nara sumber

Salah satu pesan yang saya sampaikan kepada teman-teman peserta BloggerCamp adalah memiliki 2 blog. Blog tematik dan blog campur-campur. Usahakan juga agar memakai blog berdomain. Domain sekarang murah harganya, di Qwords.com kapan lalu malah menjual denga harga 50 ribu, saja. Saya juga meyakinkan ke teman-teman kalau memiliki blog domain tak ada ruginya. Insya Allah hosting dan domain yang dibayar pertahun dipastikan balik modal.

Malam itu tim Blue Bird dan blogger ‘ngeblend’. Blue Bird adalah perusahaan keluarga yang hingga saat ini tetap eksis. Walaupun banyak persaingan, namun Blue Bird selalu mempertahankan pelayanannya kepada tamu dengan baik, jujur, dan sabar. Dalam bisnisnya, Blue Bird juga berupaya bermain ‘cantik’ dan tetap bersahabat dengan masyarakat.

Hingga jam 11 malam, sharing yang berjalan gayeng akhirnya berakhir. Sambil ngejagung bakar, kami mengitari api unggun, bersenang-senang menghabiskan malam. Hingga jam 1 malam kami berpisah ke masing-masing tenda.

Blogger Camp

Pagi hari semua blogger kompak berkumpul dan melakukan senam pagi sebab jam 8 mereka harus sudah berkumpul di pendopo untuk mengikuti sharing session. Tapi ada beberapa yang masih di tenda sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Ada yang live tweet, ada juga yang live blog. Walaupun sinyal sempat naik turun, tapi kami tetap semangat.

Mas, Mas, mau beli hosting di QWords.com, yaa... :D
Mas, Mas, mau beli hosting di QWords.com, yaa… 😀
Senam pagiii.. biar sehat!
Senam pagiii.. biar sehat!

Ngomong-ngomong sinyal, saat bertemu dengan marketing The Pines, Bu Tatik, saya bertanya mengenai provider yang bagus di kawasan hutan ini. Bu Tatik bilang kalau sinyal yang bagus di The Pines adalah menggunakan Indosat. Yeayyy.. Love Indosat.. 

Sharing session pagi itu di bawakan oleh 3 narasumber. Yaitu Mbak Swastika Nohara, Script Writer dan blogger, Mas Frenavit, digital marketing communication, dan Kang Yayat Sudrajat, blogger dan penggiat online CPA.

Sambil mendengarkan narasumber, sambil ngedraft live blog ^^
Sambil mendengarkan narasumber, sambil ngedraft live blog ^^

Menurut Mbak Tika ngeblog harus dijadikan kegiatan bersenang-senang. Di sela-sela menceritakan pekerjaannya sebagai pembuat script film, Mbak Tika juga membocorkan rahasia menulis konten job review yang baik agar tidak nampak jelas konten berbayar.

Mas Frenavit juga menyambung bahwa sah-sah saja blogger menjadi ‘blogger amplop’, tetapi konten juga harus diperhatikan. Supaya klien puas, kemasan konten harus dibalut dengan indah. “Jangan hanya mau amplopnya saja, tetapi konten juga harus diperhatikan” tutup Mas Frenavit.

Kang Yayat sebagai pembicara ketiga tak mau kalah dengan hadir membawakan etika blogger. Dunia blogger saat ini sangat meluas. Oleh karena itu kita harus pinter-pinter menjaga hubungan baik kepada sesama blogger.

Diskusi ini lumayan seru. Setelah itu dilanjut dengan live blogging.
Sebelum kembali ke Surabaya, para blogger diajak seru-seruan mengikuti fun games dan flying fox. Selama hampir 3 jam, para blogger seru-seruan bersama. Puas dan lelah pun terbayarkan dengan buah Sunpride yang tiba-tiba hadir di tengah-tengah kami. Hmm.. capek dan lelah langsung hilang seketika setelah makan buah Sunpride. Tanpa sadar berat badan langsung turun 5 ons! Hihihi..

Fun Games di sambung Flying Fox. Seruuu..!
Fun Games di sambung Flying Fox. Seruuu..!

Setelah bermain dan seru-seruan bersama, kami kembali naik bis Blue Bird menuju Surabaya. Setelah hari itu saya pulang dengan perasaan riang. Keakraban dan kekompakan yang diciptakan teman-teman blogger Jawa Timur menjadi tanda bahwa kami adalah satu. Satu Blogger Indonesia yang siap berbagi informasi positif kepada semua orang.

Akhir kata, saya ucapkan Selamat Hari Blogger Nasional!!

5 thoughts on “Hari Blogger Nasional, yuk semangat Membangun Kredibilitas Blogger!

  1. Itu Mas VJ emang lagi cari2 tempat hosting yang nyaman tuh … ha ha
    Sukses Yun acaranya …. tidak terlepas dari sentuhan tangan diringin Yuni dan Om Rinaldy acara ini jadi seru 🙂
    Top dah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *