Tips cepat mengatasi Internet Wifi Limited Access pada Laptop

Seharian ini saya kesulitan online melalui laptop. Tanpa tau sebabnya, tiba-tiba ikon wifi di bagian pojok kanan bawah layar tidak bisa konek. Setelah saya klik ikonnya ternyata muncul tulisan ‘Limited Access’. Wah, harus cari tau tips mengatasi Internet Wifi Limited Access pada Laptop, nih.

wifi

Selama ini saya selalu menggunakan internet melalui wifi rumah. Semua perangkat sengaja saya akses kan ke wifi. Dan betapa pusingnya tadi ketika mau online menggunakan laptop, wifi nya tidak bisa konek. Di HP, tablet, bahkan laptop yang lain, semua bisa. Lha, kok laptop punya saya sendiri yang gak bisa. Sudah saya coba connect berkali-kali, tetap gak bisa. Lalu saya disconnect dulu, kemudian di connect kan lagi tetap gak bisa. Masalahnya sama, ada tulisan Limited Access!

Saya coba restart, mungkin hardware nya lelah, eh, tetep aja gak bisa konek. Kemudian saya shut down dulu siapa tau ada ‘urat keseleo’ pada hardware dan software laptop saya. Biasanya kalau habis dimatikan masalah begini bisa selesai. Sialnya, begitu dinyalakan lagi, lha kok masih saja, Limited Access! Haloo.. Om teknisi, bagaiman tips mengatasi Internet Wifi Limited Access pada Laptop.. help, me!!

Saya baru ingat, soal begini biasanya semua perangkat harus di utak-atik dan dicari akar masalahnya.
Kalau tadi laptopnya sudah di utak-atik, sekarang saatnya mengutak-atik Modem Wireless Router. Iya, biat semua jelas, siapa yang bermasalah. Seringnya kalau ada masalah pada jaringan, modemnya di reboot, alias dimatikan sebentar trus dinyalakan lagi.

Namanya juga usaha, semoga saja berhasil.. tapi sayangnya, sekali lagi saya dapat zonk! Wifinya masih Limited Access! 🙁 🙁 🙁

Munculnya Limited Access pada laptop saya, kemungkinan gara-gara habis ganti nama wifi. Setelah kejadian rebutan wifi, akhirnya saya mengganti nama wifi rumah. Dari semula nama alay, saya ganti menjadi ‘Yuni poenya’. Maksudnya biar ada identitasnya, gituu.. soalnya banyak deteksi akses wifi di sekitar saya tapi tidak tau miliknya siapa.

Rasanya lelah tidak bisa online dari laptop sendiri. Mau login apa-apa susah karena password saya simpan di notepad. Apalagi tanggal 15 ini banyak lomba yang mendekati date line.

Nekat, saya mencoba browsing di google untuk mencari tau masalahnya. Dari sekian informasi yang saya dapat, akhirnya saya mendapatkan beberapa tutorial. Tentu saja sambil ngintip tutorial, saya juga praktekkan langsung hehe.. yang mau belajar, yuk belajar sama-sama 😀

1. Setting Address Automatically
Caranya klik Open Network dan Sharing Center. Lalu Change adapter settings. Tampilannya akan muncul seperti ini:

wifi2

Klik Propertis, kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)

wifi3

Klik: Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically
Lalu, OK, kemudian restart laptopnya.

2. Settingan following IP Address

Kalau cara diatas belum sukses, gunakan alternatif lain, yaitu Settingan Manual. Caranya masih sama seperti tadi, tapi yang ini IPnya diisi sendiri. Contohnya seperti ini:

wifi4

Rupanya setelah mengikuti 2 Tutorial diatas, aksi saya yang sok teknisi komputer ini gagal total haha..
Jalan paling ujung yang harus ditempuh adalah install ulang menggunakan driver wifi. Drivernya dari mana? drivernya saya ambil dari website resmi merek perangkat. Tinggal cari type laptopnya, lalu download.

Yeay, suksees.. Akhirnya wifi saya sehat kembali..^^
Begitulah, kawan, tips cepat mengatasi Internet Wifi Limited Access pada Laptop. Silakan mencoba 🙂

3 thoughts on “Tips cepat mengatasi Internet Wifi Limited Access pada Laptop

Leave a Reply