Heerlijk Gelato, Cafe Gelato boso Suroboyo

Heerlijk Gelato, Cafe Gelato boso Suroboyo. Namanya saja kota Pahlawan, nggak sah dong kalau ke Surabaya tidak mengunjungi tempat bersejarah hehe *modus* . Di kota ini banyak sekali gedung-gedung tua yang sekarang dijadikan sebagai cagar budaya, salah satunya adalah perpustakaan Bank Indonesia yang terletak di jalan Taman Mayangkara no. 6. Lokasinya startegis, tepat di pojokan jalan yang membelah antara jalan Raya Darmo dan jalan Diponegoro. Tak jauh dari Kebun Binatang Surabaya.

Perpustakaan Bank Indonesia
Perpustakaan Bank Indonesia

Sejarah berdirinya Perpustakaan BI di jantung kota Surabaya karena gedung ini lama kosong semenjak setelah kepindahan Museum Mpu Tantular ke Sidoarjo. Karena terlihat singup, Bu Walikota Surabaya menjadikan gedung ini sebagai tempat yang bermanfaat dengan harapan dijadikan sebagai berkumpulnya Arek Suroboyo. Maka didirikanlah Perpustakaan Bank Indonesia.

Walaupun namanya terdengar terlalu ekonomi, tapi koleksi buku-buku di Perpus BI telah dilengkapi dengan buku-buku sastra supaya segmen pembaca luas dan masyarakat Surabaya lebih sadar membaca. Akan tetapi tidaklah lengkap jika membaca buku tanpa ada sajian cemilan. Sadar kebiasaan tersebut maka dibukalah cafe di Perpus BI, namanya Cafe Heerlijk Gelato.

Heerlijk Gelato
Heerlijk Gelato

Kedengarannya Belanda sangat ya? Memang iya, sesuai konsep yang diusung Cafe ini adalah mengajak pengunjung Cafe untuk mencintai sejarah dan merawat cagar budaya di Surabaya. Dan karena berada di dalam gedung cagar budaya, seluruh pernak-pernik yang berhubungan dengan cafe tidak boleh di paku atau di tempel sembarangan di dinding.

Penggunaan Nama Heerlijk sengaja diambil dari bahasa Belanda karena Cafe ini berdiri diatas bangunan peninggalan Kolonial. Heerlijk sendiri dalam bahasa Belanda artinya Sangat Enak atau Lezat.

Lalu apa saja menunya? Menunya, sih, rata-rata makanan luar dengan suguhan utamanya Gelato.

Yang menjadikan Cafe ini berbeda dengan Cafe-cafe lainnya adalah ungkapan β€˜njeplak’ yang digunakan sebagai nama menu. Tau apa artinya Njeplak? Njeplak adalah ungkapan asal-asalan ala dialek Suroboyo. Seperti Mbadhog = makan, Ndas = kepala, Perawan = Gadis, Pitik = Ayam.

Ketika akan memilih menu makanan di Heerlijk Gelato, saya langsung terpana. Baca-baca menunya kepingkel-pingkel sendiri. Karena ya itu tadi, nama menunya unik. Seperti misalnya Mie Ngamen untuk menyebutkan mie ramen. Kentang Slulup adalah kentang goreng, Gedang Kemul untuk pisang goreng, Prau Layar untuk Banana Boat, Gelato Wedok Jepang untuk Gelato Geisha, Soklat Susu Horeg untuk Milk Shake.

Bagi yang tidak paham maksudnya memang agak membuat roaming, tapi tenang saja, waitres akan setia menjelaskan makanan tersebut dengan baik. Salutnya mereka dapat menghapal semua menu-menunya.. *ya iyalah namanya juga waitres* hehe

Saat datang rame-rame bersama teman kemarin, kami saling memesan menu berbeda. Maksudnya supaya bisa saling mengincipi hehe. Jadilah di meja kami tampak aneka minuman, makanan, dan camilan yang berbeda.

Saya memesan Soda Uuayu Tenaan. Yaitu minuman dari campuran sirup melon, pepsi blue, dan orange juice.

Heerlijk Gelato
Soda Uuayu Tenan

Teman saya yang lain memesan Soda Perawan, yaitu campuran sirup strawberry, pepsi blue, dan orange juice.

Heerlijk Gelato
Soda Perawan

Ada juga yang memesan Es Joli-Joli yaitu puding joli, nata de coco, cao ditambah melon lalu disajikan dengan sirup cocopandan dicampur susu kental dan es tube.

Heerlijk Gelato
Es Joli-Joli

Untuk makanannya kami memesan Mie Like This kuah alias Mie Jawa dengan suwiran ayam dan sayuran. Kalau bingung, bayangin aja Mie Kluntung sama kuah.. gitu aja kok pening haha..

Heerlijk Gelato
Mie Like This Kuah

Mie Ngamen Duduh Kare semacam mie ramen sama kuah yang dihidangkan bersama kentang, wortel, dan ayam.

Heerlijk Gelato
Mie Ngamen Duduh Kare

Untuk nasi kami memesan Sego Mangkok Pitik Teriyaki yaitu nasi ayam dengan saus teriyaki, dan Sego Sere sebutan untuk nasi goreng putih dengan sereh dan daun jeruk.

Heerlijk Gelato
Sego Mangkok Pitik Teriyaki

Giliran menu khasnya, Gelato, kami mencicipi Gelato Wedok Jepang, dua scope gelato disajikan dengan marshmallow, cornflake,whipcream, dan ceri.

Heerlijk Gelato
Gelato Wedok Jepang bersanding manis dengan ‘mertuanya, Gelato Makmu Kiper ^^

Gelato Pecah Ndas, dua scope gelato disajikan dengan marshmallow, cornflake, whipcream, dan ceri.

Lainnya ada GelatoMakmu Kiper, dua scope gelato ditaburi biskuit, astor, whipcream, dan ceri.

Terakhir adalah Burger Adem, dua scope gelato dengan roti burger.

Heerlijk Gelato
Burger Adem

Khusus untuk gelato rasa yang diberikan Heerlijk tidak terlalu manis karena gelato dibuat dari susu low fat sehingga rasanya juga tidak terlalu β€˜nyusu’ (susu banget). Tetep kok, rasa gelatonya enak dan selalu pengen nambah lagii.. Kayaknya bakal jadi Cafe Gelato terbaik di Surabaya, deh..

Bonus kalau makan di Heerlijk Gelato kalian bebas melihat lalu lintas jalan raya Darmo dan jalan Diponegoro dengan suasana pepohonan rindang. Tempatnya juga luas, pas buat cangruk ria bersama teman atau menggali ide buat ngedraft postingan blog. Hmm.. Heerlijk rasanya cocok sebagai tempat kulineran di Surabaya.

P_20151004_160423.jpg

Lucunya, saya baru tau kalau di Surabaya ada tempat makan pakai nama menu Suroboyoan. Awalnya juga gak sengaja, ketika buka aplikasi open snap muncul daftar nama Resto yang paling dekat dari tempat saya tinggal. Beruntung aplikasi Open Snap ada fitur Map View nya sehingga saya gak pusing cari tempat njajan sambil kumpul-kumpul.

Map View ini fitur baru, di Open Snap. Dodol banget saya sampai ketinggalan info begini..

Open Snap

Selama ini saya kerap memanfaatkan aplikasi Open Snap untuk mencari tempat makan di Surabaya. Dengan Open Snap kita tinggal mencari berdasarkan Wilayah, Landmark, dan Masakan.

Open Snap
Bisa pilih tempat makan berdasarkan Landmark

Saat ini ada fitur baru di Open Snap. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, Map View, ada fitur lain lagi yang akan mempermudah pegiat kuliner untuk tetap bisa saling berbagi dan menginformasikan resto serta menu baru di manapun berada. Yaitu fitur Social Visited.

Open Snap
Kayak begini fitur Map View di Open Snap

Fitur Social Visited merupakan fitur yang berguna untuk melihat siapa saja teman-teman di sosmed yang rajin kulineran. Fitur ini akan menampakkan restoran mana saja dan menu apa saja yang sudah mereka nikmati. Ssstt.. kalau mau kepoin masakan favorit gebetan, fitur ini membantu banget, lho hihi..

Selain 2 fitur diatas, masih ada 3 fitur lagi, yakni: Personalized Your Food App by Bookmark, fitur ini untuk mem-bookmark restoran dan menu favorit, Personalize your favorite location: untuk mengatur lokasi restoran yang sering dikunjungi sehingga menjadi laman terdepan, dan, Everyone Tab: Fitur untuk meng-update seluruh kegiatan foodie se-kota tempat tinggal kita.

Open Snap
Habis makan, upload di Open Snap, di baca deh banyak orang. Berbagi itu indah, Kawan πŸ˜‰

 

Open Snap
Ini Fitur Social Visited

Para fodie Surabaya, yuk rame-rame install aplikasi Open Snap, biar makin kekinian dan mengenal seluk beluk resto dan masakan yang ada d Jawa Timur. Siapa tau nanti kita bisa kopdar rame-rame diΒ  Heerlijk Gelato, Cafe Gelato boso Suroboyo..

Open Snap
Banyak yang puas dengan aplikasi Open Snap

12 thoughts on “Heerlijk Gelato, Cafe Gelato boso Suroboyo

  1. Abis baca buku bisa langsung cari makan… saya jadi pengen memesan Soda Perawan… sekarang enak bisa buka aplikasi untuk mencari daftar nama Resto yang paling dekat untuk di datangi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *