Jalan-jalan

Cara gampang mendapatkan Tiket Kereta Murah #70thnKAI

Cara gampang mendapatkan Tiket Kereta Murah #70thnKAI. Sudah pada tau kan tanggal 7 – 28 September 2015, PT KAI memberikan promo tiket harga Rp. 70.000,- untuk jenis Kereta Api Komersil? Kalau belum tau, buruan, gih, huning tiketnya mumpung diobral murah πŸ˜€

Seperti yang di infokan bahwa tiket promo KAI berlaku untuk pemesanan dan keberangkatan antara tanggal 7 sampai 28 September 2015. Itu artinya, PEMESANAN dapat dilakukan mulai tanggal 7 hingga 28 September saja dengan jadwal KEBERANGKATAN juga antara tanggal tersebut. Jangan salah memahami ya.. ingat betul-betul tanggalnya. Kalau perlu di catet. Nah ini dia Cara gampang mendapatkan Tiket Kereta Murah #70thnKAI.

Tiket Murah #70thnKAI

Begadang

Tepat tanggal 7 jam 00 dini hari saya sudah di depan laptop. Kebetulan bulan September saya ada rencana ke Jakarta. Pas banget ada momen tiket murah begini. Biar tidak lupa, saya setel jam weker imut lima belas menit sebelumnya.

Jam 11.50, 10 menit menjelang jam 00, saya sudah membuka halaman web www.tiket.kereta-api.co.id. Kayak orang mau balapan lari, siap ambil ancang-ancang. Tak lupa koneksi internet juga disiapkan sebaik-baiknya supaya tepat jam 00 perburuan tiket langsung dimulai.

Sebelumnya saya sudah milih dulu jurusan kereta dari dan Stasiun mana, plus jadwal keberangkatan. Harapannya begitu lamannya terbuka langsung terlihat nominal harga 70 ribu. Lumayan kan bisa naik kereta mahal harga murah. Kalau perlu nanti milih kelas Executive dan kereta paling super mahal haha.. ekpetasi saya nanti bakal begini dan begitu sudah terencana diatas kepala membentuk gelembung-gelembung udara. Pokoknya harus dapat tiket, titik.

Jurusan sudah ditentukan, jadwal keberangkatan sudah dipilih. Tinggal selangkah lagi dapat tiket murah. Hanya dan hanya nge-klik tombol β€œLanjutkan” sekali tiket sudah di dapat. Sambil menunggu jam saya mantengin timeline @KAI121 berikut hestek #70thnKAI yang sudah rame akan cuitan menunggu detik-detik pembukaan tiket murah. Persis kayak orang nungguin detik pergantian tahun. Adminnya juga sabar jawab pertanyaan followernya satu persatu hingga menjelang dini hari.

Dan, jam 00.01, saya buru-buru ngeklik tombol Pesan. Bayangan daftar harga 70 ribu tak bisa dibendung lagi. Tak sabar segera dapat tiket saya buru-buru nge-klik tombol kiri mouse. β€œLANJUTKAN!”

Tapii bukannya daftar kereta dan harga murah yang saya muncul, Halaman Web Error!. Lho.. lho.. lho.. aseeem tenan. Saya langsung duga aja pasti gara-gara banyak yang nyerbu sampai web nya error. Saya reload lagi. Walaupun loading lama, terus coba lagi sampai akhirnya halaman bisa muncul. Eh, ndilalahnya harga yang tertera semua harga normal. Dimana harga promo 70ribu nya?

Di pemberitaan media sebelumnya saya membaca bahwa tiket promo 70 ribu dapat di pesan melalui online atau di merchant pemesanan tiket. Tapi yang saya alami sekarang harga promo itu tidak muncul. Sedangkan waktu sudah beranjak menuju angka 00.20 dan saya belum melakukan apa-apa. 20 menit waktu sia-sia klak-klik klak-klik mouse tanpa memesan apa-apa.

Iseng-iseng saya buka timeline lagi dan mengikuti hestek. Cuitannya beragam. Ada yang marah-marah, ada yang kecewa, ada yang nyalahkan web, ada yang ngeluh, dan ada satu dua cuitan mengaku sudah mendapatkan tiket murah. Wah, mata saya berbinar.

Beruntung kebagian tiket

Merasa buka halaman terlalu sulit, saya mencoba buka melalui aplikasi KAI Access dari HP. Ternyata akses melalui aplikasi lebih mudah. Hanya sekali buka saya langsung menemukan tiket Argo seharga Rp. 70.000 diantara harga tiket normal. Sisa tempat duduk tertera tinggal 4. Buru-buru lah saya pesan. Mungkin saking excited nya saya sampai ragu-ragu takut salah milih tanggal keberangkatan. Tanpa mikir-mikir dulu saya back tombol touchscreen, yang niatnya mau ngecek tanggal. Tapi begitu mau kembali ke halaman pengisan data penumpang saya dibawa kembali ke halaman daftar kereta. Yaaah.. otomatis deh promo Argo nya tadi ilang πŸ™

Sudah gagal sekali, kemudian saya coba lagi hunting tiket murahnya. Beberapa kali ngecek, harga promo itu tidak muncul. Sudah saya coba ganti jurusan dari Sta. Senen dan Sta. Gambir masih juga belum dapat. Saya utak-atik tanggal keberangkatan, maksudnya saya maju-mundurin tanggalnya berharap dapat seat kosong, harga promo itu masih saja tidak muncul. Jam sudah di angka 00.40. Makin galau aja saya. Tapi masih dalam taraf sesabar-sabarnya. Cek twitter lagi, semakin banyak orang yang marah-marah. Sedikit saja yang berbahagia mendapatkan tiket. Dan saya optimis bakal diantara deretan yang sedikit itu.

Ternyata kesabaran itu membuahkan hasil, saat asyik nyecroll saya mendapatkan kereta JAYABAYA harga 70 ribu. Tanpa menunggu lama saya buru-buru reservasi. Udah, saya gak mikir lagi kelasnya yang penting tiket murah sudah didapat. Bukan Yuni kalau nggak penasaran, sudah dapat tiket satu masih lagi coba-coba cari tiket. Dan eh, cepet banget, gak pakai lama saya dapat lagi kereta Gumarang. Reservasi lagi dong haha.. niatnya di reservasi dulu trus dipilih yang bagusan yang mana haha *jahat*. E, ternyata niat jahat saya gak terkabul. Ketika mau reservasi halamannya loading-loading terus. Ya udahlah di syukuri saja, namanya juga sistem acak. Alhamdulillah kebagian tiket hehe

tiket murah #70thnKAI

Tau gak waktu Mas Rinaldy ke Indomaret jam 1.20 dini hari ternyata banyak orang antri beli tiket haha.. mereka berbondong-bondong nyari tiket promo. Lucunya Mas yang jaga di Indomaret malah gak tau kalau ada tiket murah. Sama Mas Rinaldy orang yang antri itu dibantuin cari lewat online, daripada antri di kasir. Eh ada beberapa yang dapat, lho..

Cara gampang mendapatkan Tiket Kereta Murah #70thnKAI

Berdasar pengalaman saya diatas, saat hunting tiket, terapkan tips-tips berikut ini:

1. Ketika web error langsung buka pakai di smartphone.
2. Lebih baik pakai aplikasi yang ada di Play Store karena sudah gak pakai isi data-data di KTP.
3. Rajin-rajin lah mantengi halaman daftar kereta karena sistem yang dipakai PT KAI ngacak
4. Ikuti Hestek #70thnKAI dan @KAI121, disana banyak info-info menarik.
5. Jangan sungkan bertanya kepada admin twitter, mumpung admin twitter @KAI121 sabar dan baik-baik *admin, harus baca ini!*
6. Ingat bahwa jarak reservasi dengan pembayaran hanya 3 jam saja. Lebih dari itu hangus. Setelah reservasi, segera bayar. Ngeprint tiketnya boleh kapan-kapan, minimal 2 jam sebelum keberangkan.

8 thoughts on “Cara gampang mendapatkan Tiket Kereta Murah #70thnKAI

  1. Temanku yg di jakarta cerita, lebaran kemaren rebutan buat dapatkan gerbong tambahan. Dia nyoba di web berulang-ulang gagal. Ternyata pas pakai HP, malah sukses. Pas pula sama jadwal cutinya. Kayanya mmg dr HP lbh terpercaya *tsah*

  2. Wah terima kasih mbak Yuniari Nukti! Berkat saran mbak di blog, saya jadi bisa dapet tiket promo PT KAI nih hihihi, sukses terus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *