3 gebrakan promosi online dengan foto milik sendiri

3 gebrakan promosi online dengan foto milik sendiri. Berbulan-bulan lalu saya pernah baca postingan kawan narablog yang menceritakan tentang foto anaknya dijadikan sebagai objek promosi produk bayi di Bandung. Ini sangat aneh karena tempat tinggal si kawan tidak di Indonesia. Melainkan di benua nun jauh disana, di benua Paman Sam. Ujug-ujug dapat kabar kalau foto anaknya terpampang manis di sebuah gerai produk bayi. Kagetlah blogger ini..

Baru-baru ini kasus penggunaan foto untuk objek promosi produk kembali terungkap. Beberapa hari kemarin di sebuah grup chatting, saya membaca seorang teman menge-share foto produk pemutih wajah. Dalam foto tersebut terdapat dua wajah before after berikut penampakan produk cream whitening-nya. Sekilas foto itu tidak terlihat aneh. Tampilan iklannya persis seperti iklan produk kecantikan yang selama ini beredar di toko online. Namun yang menjadikan iklan tersebut jadi tampak menarik di teliti adalah model yang dijadikan dalam foto iklan before after, dia adalah blogger!

Nah, Blogger lagi yang kena. 2 kasus ini baru yang terlihat di permukaan, entah berapa banyak diluar sana kasus penggunaan foto sebagai alat penunjang promosi yang notabene TIDAK ijin yang bersangkutan! Apakah mereka blogger, aktivis sosmed, atau yang lainnya. Apakah teman-teman menyadari hal seperti ini?

Baju Lebaran

Dunia Informasi saat ini, kita tau sendiri, efeknya begitu dahsyat. Keterbukaan berekspresi oleh sebagain oknum dijadikan sebagai penenggak keuntungan. Berbagai penyalahgunaan dalam berbagai bentuk (foto, teks) di gunakan secara bebas tanpa merasa perlu konfirmasi. Foto yang awalnya diambil secara diam-diam berubah jadi terang-terangan karena foto itu di pajang di area fasilitas umum.

Apa efeknya bila menggunakan foto blogger sebagai model?

Dalam aktifitasnya blogger dikenal sebagai penulis pemilik bahasa alami. Tidak seperti media cetak yang memiliki keterikatan atau sebuah perjanjian. Blogger penulis apa adanya. Penulis yang jujur. Tapi jangan lupa, kejujuran mereka ini dapat mengundang ketidak baikan. Apa jadinya bila ada blogger yang kecewa karena fotonya di pampang oleh toko online kemudian si blogger menulis di media onlinenya? Reputasi. Reputasi usaha dipertaruhkan. Jadi saran saya jangan nekat memakai foto blogger untuk promosi atau hal lainnya, sebab ada mata-mata yang mengintaimu! Bila memang ingin, ijin saja dulu. Itu akan menuai keberkahan untuk usahamu.

Sekarang saya akan berbagi 3 gebrakan promosi online dengan foto milik sendiri. Mudah, tidak beresiko, dan pastinya rejeki yang didapatkan juga berkah.

1. Gunakan foto dirimu sendiri

Cara ini yang paling gampang dan paling meyakinkan calon pembeli. Terutama jika produkmu menyangkut produk pemutih wajah. Sebab orang lebih menyukai penjualnya langsung yang mencoba ketimbang berkoar mengunggulkan produk tanpa pernah merasakan sendiri.

2. Jadi model dadakan

Pede nggak pede jika berjualan produk fashion (baju atau sepatu) beranilah jadi model dadakan. Caranya, pakai produkmu, upload di lapak jualanmu. Cara ini lebih menarik ketimbang hanya memajang produk saja.

3. Ambillah sudut foto yang menarik

Foto adalah wakil produkmu dilihat orang. Supaya pembeli tertarik ambillah foto dari sudut yang menarik yang menonjolkan sisi keunikan produkmu. Cara ini lebih meyakinkan ketimbang menggunakan aplikasi editing gambar sehingga memungkin perbedaan warna produk.

3 gebrakan promosi online dengan foto milik sendiri akan membuatmu jadi pelaku bisnis online yang sukses. Semoga tulisan ini bermanfaat

5 thoughts on “3 gebrakan promosi online dengan foto milik sendiri

  1. Aduh mbak ora tlaten ngitung diskon dr atas smp bawah, total diskone ae piro? 75% ya? Heheheee…. Daganganku sering bgt kena, biasanya di-save dr pp blackberry krn mudah dilakukan siapapun, ibu2 gaptek sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *