Cara asyik menikmati kopi

Kopi.. kopi.. dimana-mana banyak warung kopi. Kedai kopi, café menjual kopi, hingga teknik penyajian kopi dikupas tuntas oleh para penggemar kopi. Kopi sekarang bukan lagi sekedar bubuk hitam dicampur gula lalu disiram air panas. Tetapi teknik pengolahan kopi juga menjadi daya tarik utama. Jenis-jenis kopi juga makin beragam. Ada kopi Luwak, Kopi Bali, Kopi Aceh, dan kopi rasa nikmat yang diolah dengan tehnik khusus. Lalu bagaimana cara asyik menikmati kopi yang pas untuk gaya hidup modern?

Hingga saat ini sebetulnya saya juga masih meraba-raba bagaimana cara asyik menikmati kopi supaya bisa berlama-lama duduk di kedai kopi. Biar dibilang kekinian, konon kopi harus diminum sedikit-sedikit. Kalau perlu tiap angkat cangkir, aroma kopinya dihirup dulu sampai menusuk hidung sambil merem-merem.

Nyatanya, saya termasuk golongan orang yang tidak bisa menikmati kopi. Saya belum bisa meneguk kopi sececap-cecap. Kalau ingat saya sedang bersama teman-teman saya berusaha minum sedikit-sedikit. Tapi tetap saja, kopi saya yang habis lebih dulu hehe

Dulu, ketika masih kecil saya suka minta kopi punya Bapak. Bapak saya dulu kalau minum kopi tidak pernah minum langsung dari gelasnya, tetapi dengan cara dituang dulu ke lepek (piring kecil) barulah kemudian disruput sedikit-sedikit.

Masa berlalu, cara menikmati kopi juga berubah. Selama pengalaman melihat orang ngopi di cafe, jarang sekali saya lihat ada orang minum kopi pakai dituang dulu diatas lepek seperti yang Bapak saya lakukan. Dugaan saya mungkin cangkir lepek sekarang kecil-kecil. Bila semuanya dituang ke dalam lepek besar kemungkinan isi cangkir langsung habis ūüėÄ
kopi kemiren

Kalau mau ngopi menurut gaya saya, ada beberapa cara asyik menikmati kopi supaya kopi tetap terasa nikmat dan kegiatan ngopi bisa bertahan lama.

1.    Tunggu kopi sampai setengah dingin

Menunggu kopi dingin sama halnya dengan mengulur waktu. Sambil nunggu kopi dingin, kita bisa bebas ngobrol sama teman-teman. Supaya ada seninya, pura-pura aja sibuk ngaduk-ngaduk kopi. Walau perasaan segera mencicipi kopi sangat besar cobalah bertahan dulu tidak meminumnya. Sambil ngaduk, sambil bayangkanlah betapa kerennya duduk ngobrol di café sambil mutar-mutarin sendok didalam cangkir.

2.    Jangan minum terlalu buru-buru

Konon menikmati kopi yang enak adalah dengan menyeruputya sedikit-sedikit. Sambil nyuruput sambil merasakan sensasi aroma kopi. Trik supaya ngobrol di café bisa lama adalah minum kopi sambil santai, sambil ngobrol, sambil utak-atik hape, dan sambil ngapain kek.. baca buku juga bisa

3.    Sambil ngemil-ngemil cantik

Ngopi paling enak baiknya ditemani dengan camilan-camilan manis. Camilan apa aja. Mau sambil makan donat, makan kentang, atau makan gorengan. Camilannya gak usah banyak, secukupnya aja. Minimal penampilan meja kita kelihatan semarak oleh makanan.

4.    Baca buku atau Koran

Kalau sedang di café sendirian, siapkan buku atau Koran di dalam tas. Supaya keberadaanmu di dalam café tak terlihat seperti orang yang sedang ngegalau baca aja buku atau Koran. Dengan begitu penampilanmua akan tampak seperti orang borjuis hihi..

Begitulah ulasan saya tentang cara asyik menikmati kopi. Tips-tips diatas saya tulis berdasarkan pengamatan langsung di lapangan. Tapi kalau ada teman-teman yang mau menambahkan kebiasaan ngopi dengan cara berbeda ya monggo saja…

3 thoughts on “Cara asyik menikmati kopi

Leave a Reply