Bisnis · Wajah Surabaya · Women Interest

Sepatu Nikma Basyar, sepatu kain dari Sidoarjo yang sukses merambah pasar ekspor

Nikma Basyar hand made

Hari ini adalah hari terakhir Pameran Produksi Indonesia 2015 di Exhibition Grand City Surabaya. Dan hari ini pula ketiga kalinya saya mengunjungi Pameran bertaraf Nasional yang penyelenggaraannya di adakan setahun sekali. Rajin banget yah hehe..

Entahlah rasanya tak ada jenuhnya jalan-jalan ke Pameran yang sebagian besar pesertanya dari para pengusaha UKM yang datang dari berbagai daerah. Seperti yang disampaikan oleh Sekjen Kementrian Perindustrian, Bapak Syarif Hidayat, peserta Pameran Produksi Indonesia 2015 35%-nya diikuti peserta dari Jawa Timur. Sisanya datang dari Bali, Yogja, Jawa Barat, DKI, dan Banten.

Nikma Basyar sepatu Hand made

Seperti tadi siang saja saya datang ke Pameran bersama Mas Rinaldy. Mumpung hari libur, kan, saya mengajak jalan ke Pameran. Niatnya mau menunjukkan bahwa produk-produk UKM Indonesia bagus-bagus. Karena memang saya sudah 2 hari ke Pameran dan melihat sendiri banyak produk UKM unik-unik dan kreatif.

Ketika jalan-jalan menyusuri barisan stand, saya berhenti di sebuah gerai yang menjual produk handmade sepatu. Namanya Nikma Basyar.

Mbak Nikmatus Sholihah, owner Nikma Basyar
Mbak Nikmatus Sholihah, owner Nikma Basyar

Stand Nikma Basyar dipenuhi oleh pasangan sepatu dengan motif khas Indonesia, yaitu tenun dan songket. Sepatu-sepatu dari ukuran kecil hingga besar terpajang di rak pameran. Di bagian lain, mata saya terpusat pada sebuah potongan halaman koran yang dibingkai rapi dengan foto pemiliknya, Mbak Nikmatus Sholihah, Sp.d, berada didalam pigora kaca. Ternyata profil Mbak Nikmatus telah diulas oleh media besar dihalaman khusus Wanita. Dari album katalog sepatu, Mbak Nikma juga menampilkan foto-foto ketika menjadi narasumber media TV. Keren, banget kaan..

Nikma Basyar sepatu hand made

Sambil melihat-lihat sepatu merk Nikma Basyar, saya bertanya kepada Mbak Nikma yang saat itu sedang sibuk menata sepatu di rak pajangan. Pembuka perkenalan, Mbak Nikma mengaku orang Krian-Sidoarjo. Ow, tibake tonggo dewe, Rek 😀

Dijelaskan secara detail oleh Mbak Nikma bahwa sepatu-sepatu kreasinya identik dengan bahan kain. Secara sengaja, Mbak Nikma ingin mengeksplorasi kain. Menurutnya kain-kain khas Indonesia memiliki corak khusus dan karena itulah Mbak Nikma menciptakan sepatu dengan tidak menutupi bahan kain itu sendiri. Malahan kain-kain itu bisa dikombinasikan!

Seperti yang saya lihat di stand Nikma Basyar aneka sepatu dari bahan kain katun, kanvas, batik, jins, kain tenun, hingga songket semua ada disana. Modelnya pun beragam dari mulai flatshoes, wedges, sepatu docmart, sepatu heels hingga sepatu couple.

Sepatu songket Nikma Basyar
Sepatu songket Nikma Basyar

Keunikan dari Nikma Basyar adalah bisa menyediakan sepatu dengan ukuran paling kecil hingga paling besar. Ketika saya tanya, ukuran paling kecil tersedia nomor 17, dan yang paling besar nomor 45. Saya terkesima mendengarnya.. bayangkan bagaimana sulitnya membuat sepatu ukuran kecil begitu apalagi ini buatan tangan, lho! Dan betapa bahagianya seorang wanita bila mendapati ada toko sepatu yang menjual sepatu dengan ukuran paling besar. Membantu banget, kan buat Ibu-Ibu yang kakinya lebar? Gak usah lagi impor kalau hanya mau beli sepatu besar, karena di Indonesa sendiri sudah ada produk UKM yang mengerti kebutuhan pasar. Salah satunya seperti produk Nikma Basyar ini..

Wedges dari kain tenun
Wedges dari kain tenun

Nilai tambah-nya lagi, sepatu merk Nikma Basyar bisa dicustom. Jadi kalau teman-teman mau pesen sepatu tapi sepatu yang hand made bisa hubungi Nikma Basyar dengan cukup hanya menunjukkan foto model sepatu yang diinginkan! Uhuyy bangetlah.. waktu pesannya juga gak lama lho, hanya 7 hari saja! aahh.. jadi pengen browsing model sepatu aja lalu ditunjukkan ke Mbak Nikma biar dibuatin hihi..

Sepatu Couple Nikma Basyar
Sepatu Couple Nikma Basyar

Berbisnis sepatu dimulai Mbak Nikma pada tahun 2013, dan hingga kini produk Nikma Basyar sudah menerima pesanan dari berbagai daerah seperti Riau, Makassar, Lampung, Mataram, dan Bali. Untuk pasar luar negeri, Nikma Basyar juga telah merambah negara Asean seperti Brunei, Malaysa, dan Singapura. Dalam satu bulan Nikma Basyar dapat memproduksi sebanyak 100 pasang sepatu.

Selain owner Nikma Basyar, Mbak Nikma juga merangkap sebagai designer sepatu sekaligus bagian QC. Hal ini dilakukan supaya kualitas produk Nikma Basyar terkendali dengan baik. Bahkan sebagai bentuk pelayanan terhadap konsumennya, Nikma Basyar menyertakan kantong khusus untuk sepatunya sebagai packaging-nya. Selain untuk menghemat biaya kirim (agar tak kena volume ekspedisi) juga sebagai pelindung penyimpanan sepatu di rumah konsumen. Saat saya lihat packaging sepatu Nikma Basyar tampak cantik banget.. rasanya pengen segara di bungkus dibawa pulang hihi..

Packaging sepatu Nikma Basyar sebelum dikirim
Packaging sepatu Nikma Basyar sebelum dikirim

Teman-teman penasaran dengan produk Nikma Basyar?
Kunjungi saja di www.nikmabasyar.com
IG: @nikmabasyar2
Twitter: @nikmabasyar
Facebook: nikmabasyar2
Email: nikmabasyar@gmail.com

 

6 thoughts on “Sepatu Nikma Basyar, sepatu kain dari Sidoarjo yang sukses merambah pasar ekspor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *