Manfaat buah kurma untuk kecantikan

Merasa aneh sendiri saat menghadiri hari jadi Herbs Spa seorang dokter menjelaskan manfaat buah kurma untuk kecantikan. Yang saya tau buah kurma hanya baik sebagai santapan menjelang buka puasa. Lah ini, bu dokter Nisfu Laili yang cantik, malah merekomendasikan buah manis dari Timur Tengah sebagai perawatan tubuh.

Jika ditelisik memang banyak sekali buah-buahan disekitar kita yang bisa digunakan sebagai bahan-bahan untuk mempercantik kulit. Seperti misalnya, timun untuk mengurangi kerutan dan menghilangkan flek diwajah. Jeruk lemon dapat digunakan untuk menyegarkan kembali kulit yang kusam. Pepaya dapat berfungsi untuk memutihkan kulit. Dan masih banyak sekali kandungan buah-buahan di dunia ini yang memiliki khasiat untuk tujuan tertentu. Tak terkecuali buah kurma.

Buah Kurma
Buah Kurma

Seperti yang dijelaskan oleh dokter kecantikan, ada beberapa manfaat buah kurma untuk kecantikan. Kurma dipercaya mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan kulit; Pyridoksin dan Protein untuk menjaga kesehatan kulit dan menghilangkan sel kulit mati serta mengurangi keriput.

Ketika dokter Nisfu Laili menjelaskan kebaikan buah kurma, saya sampai terperangah mendengarnya. Apa iya buah kurma bisa buat mempercantik kulit. Bukaannya menyepelekan buah yang disukai Nabi ini, tapi apa nggak berlebihan menggunakan kurma sebagai buah yang difungsikan untuk treatment. Lha wong dimakan aja rasanya enak, kok dipakai buat treatment hihi..

Bahkan sambil mendengarkan penjelasan seputar buah kurma, seluruh tamu undangan di beri suguhan wedang kurma. Awalnya saya belum sadar bahwa minuman yang dibagikan itu dibuat dari ekstrak kurma. Saya baru percaya setelah ada salah satu tamu yang menanyakan apa nama wedang itu. β€œIni wedang kurma, Bu..” jawab waitres.

Apaaa? Wedaang kurmaa..
Saya langsung melongo saat tau yang saya minum tadi wedang kurma.
Asli, lho.. ini wedang enak banget rasanya..
Baru sekali itu saya minum wedang kurma!

Sambil menikmati sajian aneka kurma, dokter muda nan cantik sempat menjelaskan khasiat ekstrak kurma sebagai penghambat penuaan dini.

Ada beberapa faktor eksternal dan internal yang mengakibatkan penuaan dini pada kulit kita.
1. Efek paparan sinar matahari
2. Akibat polusi udara
3. Karena Stres yang berlebihan
4. Penurunan hormon dalam tubuh
5. Kurang suplemen antioksidan
6. Kurang waktu olahraga
7. Terlalu sering konsumsi junk food

Nah untuk menghambat penuaa dini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Antara lain:
1. Gunakan tabir surya secara rutin
2. Memperbanyak minum air putih
3. Olahraga secara rutin
4. Perbanyak porsi makanan yang mengandung banyak serat, sayur dan buah
5. Istirahat yang cukup
6. Melakukan treatment kurma (kalau ini perlu dicoba dulu hehe..)

Mengapa harus kurma?
Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa buah ekstrak kurma mampu memperbaiki sel kulit yang iritasi, kering, kusam, dan sensitif. Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan yan tinggi mampu menekan radikal bebas yang terjadi pada sel-sel kulit mati

manfaat buah kurma untuk kecantikanternyata bukan sekedar isapan jempol. Terlebih di bulan puasa begini, mengkonsumsi kurma juga diaunjurkan oleh Nabi SAW karena kandungan fruktosa dan dekstrosa yang tinggi dapat mengembalikan tubuh menjadi fit kembali

5 thoughts on “Manfaat buah kurma untuk kecantikan

Leave a Reply