Solusi praktis ketika ATM hilang

14 comments 1711 views

Susunan acara hari ini berantakan gara-gara mencari solusi ATM hilang yang tak tau kemana rimbanya. Dompet dan tas sudah dibongkar hingga lipatan saku terkecil pun tetap saja si ATM tak ada penampakan.

Sedari pagi sudah dandan cantik, walaupun ujung-ujungnya tetap aja pakai baby doll batik. Rencananya pagi-pagi ke pasar, sepulang dari pasar duduk manis didepan laptop. Begitu mau berangkat, melihat dompet baru merasa aneh. Di salah satu saku kartu kok si ATM gak kelihatan. Duh, paniknya bukan main…

Sebelum semua di obrak-abrik, saya diam dulu di sudut lemari. Sambil mikir kemana larinya si ATM. Perasaan kemarin baru pakai narik uang di minimarket, kok sekarang raib. Jangan-jangan ketinggalan di mesin ATM!

Sebelum semuanya jadi ruwet saya langsung ngeluarin motor dan nggeber menuju minimarket terakhir tempat mesin ATM saya pakai kemarin. Untuk sementara lupakan dulu urusan ke pasar. Padahal ada barang penting yang harus dibeli disana. Terutama beli sarung bantal. Maklum sarung bantal di rumah warnanya sudah puyeh dan harus segera diganti.

Sarung Bantal

“Mbhakh.. dhi..shi..nih.. ha..dhah ATeeM khe.. tingga..lhan, ghak?” ngos-ngosan tanya ke mbak kasir.
Mbak kasirnya mikir. Diam.
Tik tok tik tok..
Semoga adaaa..

“Bentar ya, Mbak” saya mengangguk dengan dada kembang kempis.

10 menit kemudian, setelah kasir dan rekannya saling bertanya satu sama lain,
“Maaf, Mbak. Nggak ada ATM ketinggalan disini..”

Dueer!! Hayooo.. kemana lagi larinya si ATM!!

“… Biasanya kalau transaksi sudah selesai, dan ATM tidak segera ditarik, ATMnya ditelan sama mesinnya, Mbak.” Mbak kasir menjelaskan.

Tanpa banyak tanya, setelah ngucapin terima kasih ke mbak kasir dan rekannya saya langsung berburu kantor Bank terdekat untuk laporan kehilangan.

Menyelesaikan solusi ATM hilang ini terpaksa saya lakukan. Padahal selama ini saya selalu mewanti-wanti berurusan dengan Bank langsung. Selain karena lama ngantrinya, saya juga malas menghapal tanda tangan. Soalnya tiap kali tanda tangan selalu diminta ngulang hihi..

Setelah ngantri lama di CS, giliran saya maju kedepan. Saya sudah menyusun jawaban kalau nanti ditanya apa alasan datang ke Bank. “ATM saya ditelan mesin” gitu aja biar gampang.

Petugas Bank (PB): “Bawa buku tabungan?”
Saya (SY): “Hilang, Mbak.”
PB: “Ada KTP asli?”
SY: ”Ada, Mbak. Tapi namanya gak sesuai sama KTP yang baru.”
PB: “Bawa KSK?”
SY: “Nggak, Mbak.”
PB: “Bawa Fotokopi KTP lama yang namanya sesuai rekening tabungan?”
SY: “Nggak ada, Mbak”
PB: “Buka rekeningnya dulu di mana?”
SY: “Di Kusuma Bangsa.”
PB: “Ya udah kesana aja!”
SY: Dziingg!!!. Ngomong, Kek, dari tadi. Sudah lama ngantri ini…

Masuk ke Bank tempat buka rekening tabungan yang hilang, antrian di CS nya puanjang. Nunggu nomer dipanggil sampai habis baca 1 majalah dan 1 koran. Hikmahnya saya gak usah beli koran hari ini 😀

Dan menyelesaikan solusi ATM hilang akhirnya terpecahkan. Nggak pakai lapor-lapor Polisi, semuanya langsung beres hanya bermodal KTP asli. Bahkan buku tabungan yang sedianya hilang, dapat ganti baru setelah membayar 10 rebu. Tapi ya, gitu, harus menyelesaikan ujian lisan dulu. Syaratnya kudu bisa jawab pertanyaan-pertanyaan CS. Dari mulai siapa nama Ibu Kandung, Nomer rekening berapa, Saldo terakhir berapa, Transaksi terakhir ngapain, Nominal transaksi terakhir berapa. Kalau semua soal itu bisa jawab, lulus deh dengan predikat cumlaude! Haha..

author
Author: 
loading...
  1. author

    Orin2 years ago

    Ihh…hebat deh bisa lulus dr ujian lisan CS, aku beneran mesti bikin surat keterangan dari polisi segala macem lho mbak Yun pas buku tabungan ilang kebawa banjir hiks hiks

    Reply
  2. author

    Widodo Surya Putra2 years ago

    Memang prosedurnya begitu kok..ndak perlu lapor polisi kalo kartu atm hilang. Beda kalau ATM-nya yang hilang, berarti ada perampokan…hehehehe…

    selamat udah berhasil ngurus kartu..sekali lagi kartu ATM yang tertelan…makan-makan ya…hahaha…

    Reply
  3. author

    Yoggy Satya2 years ago

    Ohhh ternyata simpel ya, dipikiran saya cuman ngerti “Waduh lapor polisi buat surat keterangan hilang bla bla bla” hehe 😀

    Reply
  4. author

    Nia Haryanto2 years ago

    Ngurusnya mudah. Ngantrinya yg males. Huhuhu… aku sering ilang ATM 😀

    Reply
  5. author

    anotherorion2 years ago

    klo saya ilang sih belum pernah tapi klo ganti udah

    Reply
  6. author

    kania2 years ago

    asik ya sekarang ga perlu lapor ke polisi, dulu saya harus ke kantor polisi dulu

    Reply
  7. author

    kang naik2 years ago

    Okelah kalau begitu

    Reply
  8. author

    gatot sudibyo sh2 years ago

    apakah itu berlaku unt semua Bank…???

    Reply
  9. author

    sari widiarti2 years ago

    Bukan ATM yang hilang, tapi disuruh ganti pasword mulu 😀

    Reply
  10. author

    aya2 years ago

    Huwakakkkkk sing ilang kuwi pas belonjo, ra sido ngeblog. Dan pengalamanmu dijadikan pelajaran.

    Bermanfaat buat orang lain.

    Semangat bu jodha 😉

    Reply
  11. author

    rita asmaraningsih2 years ago

    Nggak seribet yang dibayangkan ya.. Kirain harus segera lapor polisi krn takut ntar jebol krn dikuras saldonya sama orang yang menemukannya…

    Reply
  12. author

    Ipeh Alena2 years ago

    IYA ya mak, rempong banget kalo atm hilang. tapi ujian lisannya mirip juga dengan ujian lisan kalau nomor sim card hilang. Hehehe

    Makasih mak tulisannya…bermanfaat deh

    Reply
  13. author

    fajar2 years ago

    infohnya menarik…salam

    Reply
  14. author

    ulfah11 months ago

    ATM Ilang…sama KTPnya….lengkap dengan SIMnya….dan juga dompetnya, alhasil tetep harus berurusan dengan kepolisian #pengalamankecopetan 🙁

    Reply

Leave a Reply