Blog Machinami, blog foto dan travelling berkelas dunia

Di dunia ini, blog photo memang belum begitu familiar. Kalaupun ada, isinya lebih banyak berisi teknik-teknik fotografi, tips-tips fotografi, review peralatan fotografi, atau apalah yang semuanya berhubungan dengan kamera.

Jikalau pemiliknya ingin mengunduh spesial capture foto saja diblog, yang diunggah mungkin hanya sekitar 1-2 saja, selebihnya keterangan foto yang disertai data exif.

Lalu bagaimana jika blog  foto travelling?

Hmm.. blog travelling, sih, memang wajib dengan foto, tapi kalau blog foto yang isinya hampir semua tentang travelling, agaknya susah ditemui.

Ada banyak blog travelling di dunia ini. Jika di bandingkan dengan niche yang lain, blog bertema travelling memang lebih diminati pembaca. Selain penyajiannya menarik, secara diimbuhi banyak sekali foto-foto tempat wisata yang digunakan sebagai penunjang, tulisan blog travelling kadang-kadang dipenuhi berjuta inspirasi agar pembaca dapat mengenal sisi keindahan panoram dibelahan dunia sana.

Selama yang saya tau, blog-blog travelling seringnya berisi tulisan-tulisan catatan pengalaman perjalanan. Seperti catatan cara menuju ke tempat wisata, biaya yang dibutuhkan untuk perencaan perjalanan, hal-hal unik yang ditemui selama perjalanan, tips-tips perjalanan, atau tulisan yang memang menjual sisi keindahan objek wisata yang ditemui.

Teramat jarang saya temui blog foto travelling dimana yang diunggah kebanyakan murni foto-foto. Salah satu blog foto travelling yang tadi pagi saya kunjungi adalah Blog Wandering the Wonderful Streets  di http://machinami.biz/.

machinami2
Header Blog Machinami

Jika dibaca dari url-nya, dan ada huruf kanji-kanjinya, blog ini nggak ‘Indonesia’ banget. Malah terkesan ke-Jepang-Jepangan. Iyup, memang pemilik blog ini adalah orang Jepang yang berprofesi sebagai pengacara. Nama pemilik blog itu adalah Minako Shoh.

Wheladalah ngapain saya tiba-tiba tertarik dengan blog ini?
Awalnya saya juga berpikir begitu, tetapi menurut penilaian saya ada segi keunikan yang ditonjolkan oleh blog tersebut, yaitu postingan foto-fotonya sebagian besar dijalanan. Ada sih artikelnya, Namun hanya sedikit saja. Saya perhatikan paling-paling berkisar 100-200 kata saja.

machinami edit21
Tampilan blog Machinami: Sederhana dan full galeri

Foto-foto di galeri blog machinami hampir seluruhnya berisi lanskap sudut-sudut lokal kota Jepang. Seperti yang saya lihat, ada gang, jalan-jalan, saluran air, taman, gereja, pasar, bangunan tradisional yang ada di kota Jepang. Jika dilihat dari sudut pengambilan gambar, Minoki Shoh sengaja mengunggah gambar untuk dokumentasi dan berniat mengabadikan catatan perjalanannya dalam bentuk foto.
Sebagai seorang pengacara, mungkin saja Minoki Shoh tidak ada waktu membuat banyak tulisan. Sebagai seorang penghobi travelling, dan sebagai dokumentasi jalan-jalannya, maka Minoki memilih menjadikan blognya sebagai blog foto travelling.

Sebagai blog foto yang memiliki nilai jual, blog machinami telah menjadi blog berkelas dunia. Meskipun angka elaxa berada diatas angka 10 ribu, dengan tingkat PR 3, tetapi visitor yang berkunjung ke blog ini terdiri dari 128 negara-negara didunia. Soal bahasa tak usah khawatir karena di side bar terdapat menu pilihan bahasa. Tak lebih dari 90 penggunaan bahasa bisa dipilih disana. Woww fantastis! Yang mengejutkan bahasa Jawa dan Sunda, masuk lhooo…

Sangat wajar bila blog ini dilihat dari manca negara sebab Minoki Shoh memang hobi berkeliling Jepang dan dunia, dan agaknya Minoki seorang penyuka street fotografi. Lihat saja foto yang diupload, kebanyakan terdiri seputar objek diluar ruangan. Gampang saja bagi Minoki mendapatkan foto jalan-jalan, nyatanya Minoki mengakui bahwa, Ia seorang yang terbiasa menggunakan moda transportasi umum.

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui detail suasana kota di Jepang atau ingin berkunjung ke Jepang, rasanya wajib berkunjung ke blog ini. Tak berhenti di Jepang saja, ada pula sudut-sudut negara lainnya, lho, salah satunya adalah Vietnam. Hasil jepretan street fotografi machinami di Vietnam ini keren banget, lho, hampir mirip di Indonesia. Ada becaknya, ada sepeda motornya, penjual buah-buahannya, dan lain sebagainya! Yaah.. namanya juga negara satu rumpun, kaan…

michonimi1
Bagian sidebar nya ada Coming Soon dan I Want to Visit

 

Tips dari saya sebelum ‘jalan-jalan’ di blog machinami siapkan banyak camilan dan koneksi yang prima sebab menikmati street fotografi tak nyaman bila belum ditemani camilan dan koneksi lelet. Sambil ngemil, posisikan badan dengan rileks, selanjutnya biarlah foto yang berbicara…

Selamat berkeliling dunia 🙂

23 thoughts on “Blog Machinami, blog foto dan travelling berkelas dunia

  1. ya
    blognya penuh foto,
    keren

    oh mungkin itu caranya menyiasati keterbatasan saat nulis ya?
    nulis di blog 100-200 kata seperti Machinami
    aku suka mentog soalnya,
    apalagi saat mau ikut lomba blog harus 500 pastilah mentog, biasanya si gitu
    alah curcol

    sayang, yang foto Asianya, Indonesia ga ada,
    semoga kelak nanti jadi destinasi kunjungan dari beliau hehe ngarep dot com

    @guru5seni8
    s.id/4JY

  2. Saya berharap ini bisa menginspirasi. Soalnya, kita selalu gagal membangun konsistensi karena berpikir ngeblog itu nulis.

    Dan juga, foto2 disekitar kita bisa diunggah semisal jalanan, bentuk rumah dan itu seru

  3. Iyae mbak, blog machinami so cool. Hasil jepretannya mewakili ratusan kata-kata dan bs membuat pembacanya ingin ikut ke destinasi yg telah di capture itu. Blog traveling yang maxi dg suguhan hasil fotografi, itulah machinami

  4. Betul blog traveliing dengan menggunakan photo akan lebih menarik, saya pernah posting tentang suatu tempat wisata, ternyata pengunjung di blog pun juga banyak.

  5. Wah cara membuat versi bahasa di blog bagaimana ya? #eh #keluartema hehe
    Lebih gampang poto blog, ketimbang blog yang banyak tulisan dan minim poto. karena kebanyakan pengunjung lebih tertarik lihat foto dari pada membaca, apalagi kalau fotonya keren2 jiahaha :))

  6. Kalau mau jalan-jalan ke Jepang, blog ini memang patut untuk dijadikan referensi.

    Selamat ya, Ning Yuni. Akhirnya nangkring juga di pemuncak klasmen. 🙂

Leave a Reply