Processor Qualcomm Snapdragon, si canggih yang powerfull

Beberapa hari lalu ada teman mengajak saya membeli HP di Plasa Marina. Sebut saja namanya Mawar. Nama panjangnya Mawar Bukan Nama Sebenarnya ๐Ÿ˜€

Ajakan Mawar ini bukan yang pertama kalinya, saya masih ingat betul 5 bulan yang lalu Mawar mengajak saya membeli HP baru. Ketika saya tanya HP yang lama kemana, dia bilang โ€˜jebolโ€™. Ih, geje banget si Mawar, masa HP bagus bisa jebol.

Saya heran dengan teman satu ini, tiap kali mau beli HP baru selalu minta bimbingan konseling dulu. Sudah begitu pakai acara nyulik saya diajak ke toko HP segala. Kirain saya mau dibeliin juga ternyata cuma disuruh milihin buat dia. Kalau begini sih, hubungan kita cukup koncoan ae, Je.. ๐Ÿ˜›

Sebenarnya saya nggak keberatan di ajak nge-Mall, karena saya sendiri juga hobi keluar masuk toko. Apalagi blusukannya ke toko Mall IT dan handphone. Dengan begitu secara diam-diam saya bisa tetap tetap informasi seputar teknologi, fitur, spesifikasi juga harga ponsel terbaru serta produk apa yang sedang booming. Kadang-kadang kalau lagi pengen lihat HP saya kerap nongkrongin stand HP walaupun nggak beli. Sampai-sampai pegawainya hapal sama saya. Untungnya mereka baik, dan menganggap saya seperti teman, jadi kalau saya tanya-tanya type dan harga, mereka dengan senang hati memberikan info. Malahan kalau lagi baik mereka akan menunjukkan pricelist pada saya. Makasih Mbak Isaac Cell hehe…

Sepengamatan saya, fitur smartphone masih dianggap sebagai patokan orang ketika akan membeli smartphone. Persis jawaban si Mawar ketika saya tanya ingin beli HP yang seperti apa. Padahal menurut saya, menurut saya lho ya, fitur smartphone hanya sebagai penunjang saja. Memang fitur sangatlah penting, tapi yang lebih penting lagi adalah kemampuan teknologi yang dibenamkan dalam smartphone tersebut. Sayangnya kecanggihan fitur masih menjadi daya tarik utama pembeli saat memilih smartphone.

Struktur Processor SnapdragonSah-sah saja aja kalau mereka memilih fitur, namun jangan juga melupakan detail teknologi yang dibangun dalam smartphone tersebut, seperti Processor, misalnya. Processor adalah โ€˜Ibuโ€™ yang menjalankan semua tugas fitur. Processor ini juga yang berfungsi sebagai menyeimbang spesifikasi. Kalau kinerja Processornya jongkok, bisa-bisa smartphone kita jadi ikut ndlosor karena tak bisa mengimbangi banyaknya fitur, akibatnya smartphone jadi lelet, kinerja grafis nggak maksimal, baterai jadi boros, dan yang lebih fatal lagi, smartphone kita jebol lalu mati total. Sama seperti yang dialami Mawar Bukan Nama Sebenarnya, teman saya ini.

snapdragon-system-on-a-chip

Dari hasil investigasi saya selama nongkrong di Isaac Cell, saya mendapat pengetahuan baru seputar Processor untuk mobile phone. Saat ini teknologi otak ponsel yang sedang ngetrend digunakan adalah chipset Snapdragon. Chipset Snapdragon dikeluarkan oleh Qualcomm, yakni sebuah industri teknologi mobile dan nirkabel yang berpengalaman selama 29 tahun melakukan pengembangan dan riset untuk peningkatan kemampuan sebuah smartphone dan tablet. Quallcomm berinovasi secara lintas vector dan berupaya menjadi perusahaan mobile secara menyeluruh.

Picture1

Dipercaya sebagai processor yang tahan banting, kinerja Snapdragon juga sangat mumpuni untuk kelas mobile phone. Saat ini mayoritas produsen gadget di dunia telah membenamkan produknya dengan Processor Qualcomm Snapdragon.

Selain unggul dalam bidang komunikasi nirkabel, penentuan lokasi, pemrosesan suara dan multimedia, saat ini Quallcomm telah berinovasi mengembangkan teknologi mobile yang terintegrasi di bidang otomotif, kesehatan, ritel, pendidikan, dan energy.

Dalam bidang teknologi mobile, Qualcomm Snapdragon telah menjadi pioner kecanggihan smartphone. Yang sudah dilakukan selama ini Snapdragon menjadi inovator Processor 1GHz yang pertama kalinya, lalu berturut-turut menciptakan lahirnya 3G dan 4G, modem dengan kecepatan 150Mbps LTE-Advanced, dan yang terbaru hadirnya Snapdragon 805 yang mendukung system-wide pertama Ultra HD.

Picture2

โ€œMenurutmu, aku harus beli HP apa ya?โ€ bisik Mawar pada saya saat saya ngobrol di Isaac Cell.
โ€œSebaiknya kita tanya spesifikasinya dulu. Cari-cari spek yang mumpuni dan fiturnya yang bagus. Tadi kan kita dikasih tau kalau smartphone Qualcomm berchipset Snapdragon diyakini bakal tahan banting, itu juga bisa dijadikan pilihan. Beli sih gampang, yang penting berai bayar..โ€ jawab saya ketap-ketip.

Setelah diskusi panjang kali lebar, Mawar memutuskan membeli Oppo N3. Ponsel Oppo N3 telah dibekali kecanggihan fitur dan kemapanan spesifikasi. Sekilas tadi saya lihat kameranya sangat menawan, bisa diputar dan dipakai buat selfie. Hasilnya, Woww setajam silet, boook!! Jelas aja lha wong kandungan resolusi kameranya 16 Mega Pixel!

Performa Oppo N3 tak diragukan lagi, menggunakan Processor Quad Core 2,3 Ghz Krait 400 berchipset Qualcomm Snapdragon 801 dan diimbangi pula dengan memory 2 GB serta grafis Adreno 330.

Yang membuat Oppo N3 sangat spesial adalah kapasitas ruang penyimpanan internal sebesar 32 GB, daya baterainya 3000mAH dan sudah menggunakan OS Android ver. 4.4 Kitkat. Untuk fitur konektivitasnya pun juga nggak setengah-setengah, Oppo N3 sudah di dukung jaringan 3G serta 4G LTE. Ponsel ini juga dilengkapi dengan GPS, Wifi, dan Bluetooh.

Dengan kapasitas yang serba longgar ini telah diyakini bahwa kombinasi Oppo N3 dan Qualcomm Snapdragon 801 dapat menampung video sebanyak 4K, auto focus kamera lebih cepat, dan beragam aksi multimedia; video dan musik dapat menghasilkan suara sejernih bioskop. Ckckck!..

snapdragon-12

Woow-woww.. tak menyangka kalau kecanggihan teknologi sudah semaju ini. Meski tadi hanya bisa memegang punya teman, saya berharap semoga suatu saat nanti bisa memiliki smartphone Oppo N3 sendiri. Untuk saat ini saya berharap semoga Yang Mulia Raja Jalal tidak jadi menikah bersama Atifah. Kalau jadi menikah, duh bahayaaa, jatah bulanan para ratu bakalan berkuraaang.. Pliis Yang Mulia, batalkan pernikahanmu itu, batalkaann…. aku mohooon.. agar aku bisa membeli smartphone baru…

16 thoughts on “Processor Qualcomm Snapdragon, si canggih yang powerfull

  1. Mawar juga traktir bakso, mbak? Hahahaha…..
    Suamiku juga kalo beli HP harus yg prosesornya bagus. dibela-belain gak beli dulu kalo uang belum cukup.
    Mbak… bisikin harga OPPO N3 ini mbak. kemarin suamiku habis beli 1 HP, aku mau ajukan anggaran ke dia. wkwkwk… aku pengen latihan selfie inih.

  2. perkembangan teknologi emang bener-bener luar biasa ya Mbak Yun. Gak kebayang dulu bisa kayak sekarang. Jadi inget jaman 3 detikan pake HP siemens jadul. Eh maap komennya OOT

  3. Kalau saya tentunya sebelum beli lihat dana juga mbak, kalau misalnya dana pas lagi cekak tapi butuh ya beli yang punya mediatek, tapi ya ga terlalu berharap banyak pada performa hapenya nanti hehe..
    salam hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *