Musholla wanita di Mall Ciputra World Surabaya

Musholla wanita di Mall Ciputra World Surabaya, judulnya muslimah banget yak haha…

Tempat Imam sholat Musholla wanita Mall Ciputra World Surabaya
Tempat Imam sholat Musholla wanita Mall Ciputra World Surabaya

Jalan-jalan di Mall kadang suka lupa waktu. Bahkan menunaikan sholat wajib pun terpaksa diabaikan demi malas mencari Musholla atau Masjid terdekat. Seringnya saya temui pengelola Mall terkesan ‘ogah-ogahan’ menyediakan space sebagai tempat ibadah untuk para pengunjung Mall. Kalaupun disediakan tempatnya sangat kecil dan tidak nyaman.

Beberapa waktu lalu ada teman bertanya pada saya, bagaimana kondisi tempat sholat di Mall Ciputra World Surabaya. Sang teman ini datang dari luar kota dan ingin beristirahat sejenak di Musholla, untuk kemudian balik lagi sorenya kembali ke luar kota. Apalagi dia harus bawa bayi, sehingga Ia memutuskan untuk mencari tempat istirahat yang nyaman.

Mikir punya mikir, saya langsung teringat akan kondisi Musholla wanita di Mall Ciputra World Surabaya. Sebelumnya saya pernah kesana dan sangat terpesona dengan suasana Musholla yang kesannya pribadi banget buat kaum wanita. Iya, Musholla di Mall Ciputra World memang disendirikan. Wanita sendiri, Pria sendiri. Jadi nggak nyampur seperti di Musholla mall lainnya. Di Ciputra World satu ruangan yang disediakan khusus hanya untuk wanita saja.

Pertama kami cari Musholla di Ciputra World Surabaya agak bingung-bingung gimana, soalnya tau sendiri, Mall ini buesaar banget. Setelah bertanya-tanya, saya dikasih tau kalau tempat sholat tersedia di lantai 3. Lokasinya berdekatan dengan Studio bioskop.

Agak susah mencari Musholla disana karena tempatnya ‘nylempit’. Nyaris tak terlihat seperti Musholla. Justru yang terlihat adalah sebuah ruangan dipojokan dengan pintu yang terbuat dari kaca. Buat kaum lelaki, awas jangan salah masuk, yaa..

Ketika saya masuk, suasananya sunyi. Lantainya buersih nyaris tak ada tanda-tanda musholla ini digunakan.

Di dalam sebuah ruangan itu saya melihat fasilitas yang disediakan lumayan lengkap. Disana ada kursi tunggu, kaca rias lengkap dengan wastafel, lemari khusus penyimpanan barang, dan tempat wudhu. Disana juga ada toilet hanya saja, tidak berfungsi. Entah masih direnovasi atau memang tidak difungsikan agar menghindari air tercecer dimana-mana. Semua serba minimalis tapi menarik.

Di dalam ruangan sholat sendiri, ACnya dingin dan segar. Karpetnya bersih dan luas. Dibagian pojok terdapat gantungan khusus mukena. Sedangkan dibagian depan, dekat Imam, terdapat tumpukan AlQuran.

Rak Mukena di musholla wanita Mall Ciputra World Surabaya
Rak Mukena di musholla wanita Mall Ciputra World Surabaya. Di belakang sana tampak tempat wudhunya.
Rak tempat penyimpanan
Rak tempat penyimpanan

Secara keseluruhan, nyaman banget sholat disana. Buat wanita berhijab nggak perlu takut-takut membuka kerudung karena yang didalam semuanya adalah wanita. Hanya yang menjadi catatan saya adalah semriwing bau apek yang menguar seperti bau –maaf- kaus kaki. Saya menduga, bau yang menyengat di musholla ini akibat ruangan dingin berkepanjangan sehingga membuat karpet jadi basah. Akibatnya keluar bau tak sedap.

Ada kursi tunggunya..
Ada kursi tunggunya..
BATAS SUCI
BATAS SUCI

Itulah sedikit cerita tentang Musholla wanita di Mall Ciputra World Surabaya. Semoga tulisan ini dapat menjadi peganga buat teman-teman ketika berkunjung ke Mall dan meluangkan waktu sejenak melaksanakan ibadah. Selamat Hari Jumat kawan

12 thoughts on “Musholla wanita di Mall Ciputra World Surabaya

  1. Iya mbak Yuni, banyak mal di Jkt juga masih mengenaskan kondisi musholla-nya. Sempit, mukena kotor, lokasinya seringkali “maksa” di sudut basement atau tempat parkir. padahal mal-nya sendiri megah luar biasa. Pusat perbelanjaan yg punya tempat sholat nyaman & jadi favorit saya antara lain ITC Cempaka Mas, Pusat Grosir Cililitan & Mega Bekasi 🙂

  2. mall favorit, apalagi kalo bkn krn musholanya nyaman. gk perlu intip2 kalo pas mo wudhu.

    satu lg, toiletnya jg nyaman…sdh dilengkapin dgn semprotan air.

    tp kdg mukenyanya rada apek, mgkn pas lg waktunya laundry kali yak hihihi

  3. Musholla yang disediakan di mall sebagian besar tersembunyi di sudut-sudut ruangan. Entah karena terdesak dengan komersial atau bagaimana. Padahal pengunjung itu sangat senang berkunjung ke tempat yang ada musholla nya apalagi yang luas dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *