Pesona Pemandian Air Panas Ciater Bandung

10 comments 2598 views

Lagi duduk didepan rumah sambil melihat orang pulang Jumatan kok tiba-tiba terlintas akan suasana pemandian Air Panas Ciater. Gara-garanya para kaum Adam ini jalan sambil payungan sajadah dengan wajah bersinar sehingga mengingatkan saya akan bagaimana nikmatnya berendam siang-siang dengan air rasa suam-suam kuku.  Seandaianya saja yang lewat si raja Jalal sambil membawa segelas jeruk dingin dengan kerlingan senyum nakalnya hehe..

Ciater merupakan tempat wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam serta merasakan nikmatnya mandi air panas sembari melihat pemandangan alam di tempat terbuka. Tempat ini tidak hanya menjadi favorit warga Jawa Barat, khususnya Bandung, namun beberapa wisatawan yang datang dari luar daerah maupun luar negeri ternyata juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan favorit mereka. Itulah sebabnya mengapa Pemandian Air Panas Ciater selalu ramai dikunjungi setiap hari terutama akhir pekan. Mumpung sudah menjelang akhir pekan saya akan mengajak teman-teman menjelajahi Pemandian Air Panas Ciater sekaligus mengenalkan apa saja yang ada disana.

pemandian-air-panas-ciater-Optimized

Objek Wisata

Air Panas Ciater sebenarnya tidak terletak di Bandung, melainkan di daerah Subang, Jawa Barat. Tempat ini berada di dataran tinggi dengan suhu yang sangat rendah. Walau demikian air panas yang mengalir di tempat ini sudah cukup untuk melawan rasa dingin.

Pemandian Air Panas Ciater berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan alam yang masih asri, hijau dan menakjubkan. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan disambut oleh indahnya panorama kebun teh yang indah, sejuk dan segar.

Berbagai kegiatan lain yang bisa di lakukan di sekitar Pemandian Air Panas Ciater diantaranya adalah berenang, memancing, arung jeram, bersepeda, berkuda, berkemah dan outbond, berjalan-jalan di sekitar perkebunan teh serta menikmati indahnya pemandangan sambil bermain golf di mini golf court yang telah disediakan.

Selain itu pengunjung juga dapat menikmati sensasi air panas yang memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan kulit, dapat menyembuhkan rematik, gangguan saraf serta tulang, bahkan beberapa orang percaya bahwa air panas yang terdapat di tempat ini biss menyembuhkan seseorang dari tekanan darah tinggi, stroke maupun lumpuh.

Lalu, apa sebenarnya yang terkandung di dalam air panas tersebut hingga mampu mengobati berbagai jenis penyakit?

Ternyata air panas Ciater mengandung magnesium kalsiumsulfat, klorida, serta aluminium. Tidak hanya itu, air panas di pemandian Ciater memiliki ph sekitar 2,45 dengan suhu air sekitar 43 hingga 46 celcius

Keeksotisan wisata air panas Ciater ini membuat banyak hotel di Bandung menawarkan perjalanan wisata menuju ke tempat ini. Jadi, jika teman-teman ingin menikmati air panas yang berasal dari aliran Gunung Tangkuban Perahu ini, maka pemandian air panas Ciater merupakan tempat yang harus ada dalam daftar tujuan wisata.

Akses ke Pemandian Air Panas Ciater

Untuk menuju tempat ini, terutama bagi tamu yang menyewa hotel Bandung, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jarak antara Bandung menuju pemandian Ciater ini kurang lebih 51 km, sedangkan dari kawah Gunung Tangkuban Perahu jaraknya hanya sekitar 11 km saja.

Bila teman-teman ingin menggunakan angkutan umum dari Kota Bandung, langkah yang ditempuh adalah kalian harus menuju ke Terminal Ledeng lebih dulu. Selanjutnya naik angkot yang menuju Lembang. Jarak pintu masuk Ciater dari terminal Lembang ini sudah dekat, bila ditempuh kira-kira tinggal 30 menit lagi.

Fasilitas

Fasilitas di tempat ini juga sudah sangat lengkap mulai dari kolam renang, kolam-kolam pemandian, air terjun, curug yang mengalirkan air panas, musholla, tempat parkir yang luas, bahkan bagi yang datang bersama keluarga atau pasangan, bisa sambil menikmati berbagai wahana dan permainan di tempat ini.

Akomodasi

Jika kalian ingin menginap dan menghabiskan malam di wisata Ciater, pengelola juga menyediakan berbagai penginapan, bungalow dan hotel di sekitar tempat ini. Namun jika Anda enggan untuk menginap di tempat ini dan lebih memilih di Bandung, hal tersebut juga tidak mengapa karena ada terdapat banyak hotel yang menawarkan paket tour menuju tempat ini.

Adapun beberapa hotel yang dekat dengan wisata pemandian air panas Ciater, berikut ini daftar nama-nama hotel di Bandung GoIndonesia yang bisa dipertimbangkan.

  • Stevie 6 Hotel, alamatnya: Jalan SersanB ajuri 72 Bandung
  • Hotel Pesona Bamboe, alamatnya: Jalan Raya Lembang no 227 Lembang, Bandung
  • The Green Forest Resort, alamatnya: JalanSersan Bajuri no 102 Cihideung, Bandung
  • Grand Paradise Hotel Lembang, alamatnya: Jalan Raya TangkubanPerahu nomor 50 Lembang, Bandung
  • Hotel Imah Seniman, alamatnya: Jalan Kolonel Masturi no 8 Lembang, Bandung

Nah, sekarang hari Jumat, besok sudah Sabtu, saatnya menikmati malam libur. Yang di Bandung atau teman-teman di luar Bandung, apa rencana liburan akhir pekanmu? Btw Selamat berlibur temaan 😉

author
Author: 
loading...
  1. author

    Dwi Puspita Nurmalinda2 years ago

    belum pernah kesini mbak Yun, tapi kalo ke gunung tangkuban perahunya udah 🙂

    Reply
  2. author

    islam di dadaku2 years ago

    air panas tempat favorit saya sangat menyehatkan dan bikin relaks

    Reply
  3. author

    Ponsel baru2 years ago

    alhamdulillah kemarin saya habis jalan-jalan kesana….udaranya sejuk banget

    Reply
  4. author

    dani2 years ago

    Sekarag ini jalan-jalan semakin gampang dengan banyaknya pilihan ya Mba Yuni. Kapan ya terakhir ke pemandian air panas? Ada juga pemandian air panas di daerah Kuningan Mba Yuni. 😀

    Reply
  5. author

    Lidya2 years ago

    yuk mbak ke ciater

    Reply
  6. author

    Leo Agustino2 years ago

    yang di sini belom pernah sih, dapet cerita-cerita aja memang katanya asik sih..liat tulisan mba yuni jadi makin ngiler ke sana, apalagi lagi musim hujan gini..dingin2 berendem di air panas pasti seger banget.hehehe

    Reply
  7. author

    Bunga Bandungan yang Cantik tapi Murah2 years ago

    Seneng banget bisa ke situ. Mata air hangat biasanya ada di daerah yang dingin.

    Reply
  8. author

    Beby2 years ago

    Pemandian air panasnya mengandung belerang ngga, Mbak? 😀

    Reply
  9. author

    yuyun2 years ago

    Oooo….yg dulu waktu smp kita tour kesitu yah…? Skrg lebih bagus ya yun?

    Reply
  10. author

    marxoz1 year ago

    Jadi kngen ciater nih…. Jdi pngn ke sana lagi

    Reply

Leave a Reply