Lontong Kupang dan Sate Kerang

23 comments 2239 views

IMG_20130211_154919

IMG_20130211_155037

Gambar yang pertama itu adalah penampakan sate kerang. Dan gambar dibawahnya merupakan kupang lontong.

Ada yang pernah makan? atau malah ada yang belum kenal?

Ya. Lontong Kupang merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Biasanya cara penyajiannya diiringi juga dengan Sate Kerang.

Kupang lontong ini banyak ditemui di Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan.Β  Kalau di Surabaya paling banyak didaerah dekat Pantai Kenjeran. Tapi ada juga sih yang keliling di kampung-kampung atau mangkal di pinggir jalan, namun penjualnya tak sebanyak bakso, gado-gado dan soto. Malah dibilang sudah jarang yang lewat.

1 Porsi harganya Rp. 5.000,- kalau beli dipenjual keliling. Tapi kalau di warung yang mangkal lebih mahal dikit, Rp. 8.000,- plus beberapa tusuk sate kerang. Kalau ingin cari yang murah ya di Pantai Kenjeran seporsi malah cuma Rp. 3.000,- , tapi sate kerangnya dibeli pisah 10 tusuknya Rp. 4.000,-.

Sebelum dihidangkan, bumbu lontong kupang dan sate kerang dibuat dulu dari campuran cabe dan petis lalu diuleg. Selanjutnya lontong diiris-iris tipis kemudian disiram dengan kuah kupangnya. Kupang lontong ini nikmat dimakan saat kuah masih hangat. Rasa kuahnya yang segar bercampur rasa petis membuat makanan ini terasa manis-manis sedap dan membuat siapa saja ketagihan mencobanya lagi dan lagi.

Penasaran kan? πŸ˜€

 

author
Author: 
loading...
  1. author

    Melly4 years ago

    Kayaknya enak bgt mba, tp aku rada geli ngeliat kupangnya itu πŸ˜€

    klo aku ke Surabaya traktir ya :p

    Reply
  2. author

    Niar Ningrum4 years ago

    enyakk enyak cuma kalau makan lontong kupang minumnya es degan ben gag gatel2 πŸ˜€

    Reply
  3. author

    niken kusumowardhani4 years ago

    Masakan Jawa Timur khas nya berbumbu petis ya…
    Sate kerangnya menggoda banget πŸ™‚

    Reply
  4. author

    bunda lily4 years ago

    lihat sate kerangnya jadi pingin, Yuni
    dan kayaknya kuliner khas jawa timur ini perlu juga dicobain… πŸ™‚

    salam

    Reply
  5. author

    LJ4 years ago

    penasaran banget.. sate yang model begitu gak ada di bukik, yun.. πŸ™‚

    Reply
  6. author

    prih4 years ago

    Pernah nyicip lontong kupang di Sidoarjo Jeng Yun. Salam

    Reply
  7. author

    Una4 years ago

    Enggak penasaran >__<

    Reply
  8. author

    bintangtimur4 years ago

    Yuniii…saya suka lontong kupang dan sate kerang ini!
    Yang paling enak menurut saya, yang dijual di depan Chandra Wilwatikta – Pandaan…duh, jauh memang, tapi rasanya enak banget!
    πŸ˜€

    Reply
  9. author

    bintangtimur4 years ago

    Oyaaa, makanan ini hanya saya temukan di Surabaya…jadi kalo pas kesana, saya selalu ‘maksa’ buat makan makanan-makanan unik ini…
    Eh, ini yang jualan dimana to?
    Penasaraaan…

    Reply
  10. author

    Pakies4 years ago

    whaaa lonthong kupang, salah satu kuliner kesukaan saya. Untuk makan ini, saya biasanya harus ke Malang di sekitar pasar besar. Seporsi Rp 6.000 plus 2 tusuk sate kerang.
    Cuman sekarang saya mesti hati-hati soale habis makan kupang lonthong, persendian terasa cenut-cenut hhh

    Reply
  11. author

    Andy4 years ago

    Sate kerang ? ngomong2 amis kagak itu mba, soalnya kerang kan terkenal karena amis

    Reply
  12. author

    Zizy Damanik4 years ago

    Sate kerang. Khas Medan juga sama, sate kerang. Favorit banget itu. Susah tapi carinya di Jakarta ini…

    Reply
    • author

      Adiitoo4 years ago

      setuju sama Kak Zizy. Aku suka banget sate kerang Medan, dan di Jakarta ini susahnya naudzubillah mindzalik

      Reply
  13. author

    dea4 years ago

    waaa lontong kupang nya keliatan enak banget pasti pake petis yo..

    Reply
  14. author

    myra anastasia4 years ago

    saya blm pernah liat, apalagi makannya πŸ™‚

    Reply
  15. author

    Lidya4 years ago

    aku cuma tau namanya aja mbak tapi belum pernah makan. Mbak yuni cek postingan pemenang syukuran rame-rame ya

    Reply
  16. author

    Mechta4 years ago

    haa…duuluuu sekali aku pernah nyobain Lontong Kupang itu di Kenjeran… tapi…cuma beberapa suap krn agak geli lihat kupangnya yg pating krampul itu.. hehe…

    Reply
  17. author

    rinibee4 years ago

    Daripada lontong kupang saya milih lontong mie atau lontong balap saja.. πŸ˜€

    Entah mengapa kupangnya mengganggu sekali. Nggak bersahabat dengan tenggorokan saya. Hehehe..

    Duuh jadi laper ini.. πŸ˜€

    Reply
  18. author

    Elsa4 years ago

    aku kok gak bisa menikmati kupang lontong yaa
    ehheehe entah kenapa

    Reply
  19. author

    manusia biasa4 years ago

    menggoda selera nyam-nyam

    Reply
  20. author

    Dian Pambudi2 years ago

    Coba Lontong Kupang Mbah Yo di Jalan Jambangan Kebon Agung No.1 Surabaya 0858-5228-0255…..maaaaknyuuuus….nyesel kalo nggak nyoba….lihat ulasan : http://arrohman.blogspot.com/2012/03/wiskul-lontong-kupang-mbah-yo.html

    Reply
  21. author

    Apika1 year ago

    jadi penasaran, katanya unik banget ya rasanya? pengen nyoba tapi takut ga cocok di lidah haha

    Reply

Leave a Reply