Blogging

Event Blogger dan ajang reuni raksasa

Selama ada event mustahil blogger dirugikan, karena blogger ada untuk diuntungkan

Yang membuat blogger memiliki kasta setingkat lebih tinggi dari penulis biasa adalah keterikatan hubungan emosional yang sudah terjalin erat antara satu sama lain. Uniknya kedekatan hubungan yang terbangun bukan hasil telah saling mengenal sebelumnya tapi murni benar-benar bertemu dari dunia maya yang bertransformasi ke dunia nyata. Kedengarannya aneh tapi begitulah faktanya.

Oktober 2010 silam saya berada di tengah hiruk pikuk sebuah pesta dimana tetamu yang hadir belum pernah saya temui secara personal. Saya hanya bisa meraba wajah-wajah yang sering beredar di kolom-kolom komentar blog. Sesekali sambil mengingat nama, dikepala saya berloncatan image yang sedikit banyak saya ingat. “itu, mbak Julie si gerhana coklat”, “itu si Asmari dot S”, “wah ada mbak Ani si fight never ending”, “Wow, ada mbak Dee rumah kayu juga” aneka tebakan-tebakan yang saya lontarkan untuk mengingat jelas wajah-wajah yang sudah tidak asing lagi. Bukan sebuah kebetulan kalau saya berada di tengah-tengah mereka. Embel-embel Pesta Blogger-lah yang membawa saya terbang lalu mendarat di sana. Dan sangat bersyukur sekali saya berada disana yang akhirnya dapat mengenal secara personal blogger se-Indonesia.

Even Pesta Blogger 2010
Event Pesta Blogger 2010

Pesta Blogger yang saya hadiri bukan sekedar pesta semata. Ini pesta nasional! Tamu yang hadir datang dari segala penjuru Indonesia. Bayangkan betapa hebatnya pesta ini!

Sebagai orang yang pertama kali mengikuti event blogger menurut saya ini adalah event fenomenal. Mendekatkan yang jauh menjadi dekat, menjelmakan maya menjadi nyata, dan mengharmoniskan hubungan kekerabatan yang selama ini hanya terjalin dari serangkaian tulisan. Bukan itu saja event ini juga merupakan pesta reuni raksasa yang dipertemukan oleh Allah kepada mereka yang selama ini menghidupkan dunia penulisan. Boleh dibilang pertemuan ini disebabkan karena andai, Andai tidak ngeblog, kami juga tidak bertemu.

Tahun berlalu beruntutan event blogger berskala internasional dan nasional terselenggara. Katakanlah Asean Blogger. Menjadi lebih prestisius karena event ini berskala internasional. Yang ditemui bukan lagi teman blogger Indonesia tetapi blogger se-ASEAN. Di event ini kepercayaan diri saya semakin kuat karena teman-teman yang ditemui banyak yang telah bertemu sebelumnya sehingga aura persahabatan menjadi lebih kental dari sebelumnya.

Di tengah-tengah peserta ASEAN Blogger 2013, Solo
Di tengah-tengah peserta ASEAN Blogger 2013, Solo

Dan satu lagi event nasional yang saya ikuti yaitu Blogger Nasional. Antusiasme blogger di Indonesia yang setiap tahun semakin bertambah membuat hadirnya wajah-wajah baru dalam dunia perbloggeran. Apapun itu event blogger selalu memiliki kenangan tersendiri.

 Blogger Nusantara 2013, Jogyakarta
Blogger Nusantara 2013, Jogyakarta

Dari semua event meriah diatas, jika kemudian ditanya apa pentingnya event blogger diselenggarakan, saya akan menjawab pasti bahwa event blogger adalah ajang dimana para blogger dapat bersatu, berkumpul dan menyelaraskan hubungan silaturrahmi yang sudah terjalin sebelumnya. Jika tidak ada event menurut saya dunia blogger seperti buta. Hanya sekedar meraba-raba sesuatu yang tidak pasti. Sekedar mengenal dari foto dan tulisan jelas belum tentu cukup. Bukankah foto dan tulisan bisa direkayasa? Namun yang lebih penting dari itu semua adalah momen saat menimba ilmu bermanfaat dari nara sumber yang hadir yang memberikan bekal ilmu untuk kemaslahatan dunia blogger. Baik itu dunia penulisan maupun etika bermasyarakat. Selama ada event mustahil blogger dirugikan, karena blogger ada untuk diuntungkan. Cieehhhh…. 😀

23 thoughts on “Event Blogger dan ajang reuni raksasa

  1. Beruntunf sekali mempunyai banyak pengalaman dari menjejaki event atau kopdaran blogger. Jadi pengen nih heehe

  2. Tidak asing sekali dengan sosok cowok bertopi di bagian tengah, hehehehe… Ternyata ramai juga ya kawan2 dari BlogDetik Semarang. Mantappppp… Semoga bisa tetap eksis dan solid. Aminnn…

  3. nah, event Asean Blogger 2013 itu…aseli saya pengen banget ikut, tapi berhubung saat itu saya masih mobile JOgya-bwi, jadi saya pun melewatkannya, saat itu Una dan Idah sempat mampir ke rumah sebelum berangkat (pas wiken kan saya di JOgya)

    #mbak, kapan kita bisa ketemu di event blogger yg sama lagi ya

    @ririekayan

  4. di BN2013 secara ga sengaja ketemu mbak widha dan dianya bersikap seolah-olah bukan seleb gitu, sepulang dari sana baru sadar kalo dia adalah mbak widha.

    @f_nugroho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *