Prediksi Trend Blogger Indonesia 2015 kian bersinar

Tahun baru identik dengan sesuatu yang baru-baru. Resolusi baru, trend baru, harapan baru, dan yang pasti kalender baru doong hehe..

Kemarin-kemarin, menjelang tahun baru banyak yang menulis resolusi apa saja yang akan dicapai di tahun 2015 nanti di laman blognya. Resolusi mereka unik-unik, lho, terutama tentang aktifitas blogging. Yang sebelumnya malas ngeblog berharap menjadi rajin posting. Yang dulunya update sebulan sekali ditargetkan menjadi seminggu sekali. Bahkan ada pula yang sebelumnya merawat 1 blog akan menjadi 2-3 blog dengan tiap blognya berisi 1 macam tema. Hebat ya, saya aja ngurusi 1 blog gado-gado begini sudah repot. Sebenarnya ada niatan buat blog baru lagi tapi takut gak kerawat. Eman-eman nanti jadi sampah digital. Untuk sementara biarlah di kerjakan yang ada, biar maksimal dulu. Padahal konon blog yang berisi 1 tema dapat menghasilkan uang berlimpah, makanya saya pengen nyoba.

Lalu bagaimana sih prediksi Trend Blogger Indonesia di tahun 2015 ini?

Agak aneh jika trend dikait-kaitkan dengan blogger. Umumnya trend mengiringi bidang fashion, gaya rambut, aksesoris, busana, dan tetek bengek yang berhubungan dengan dinamika kehidupan. Tapi ini kok tiba-tiba ditanya mengenai trendnya blogger. Emang ngeblog ada trendnya? Ataukah blogger harus posting trend fashion rame-rame diblognya? Sebenarnya tidak begitu, trend blogger yang dimaksudkan ini adalah trend dalam lingkup aktifitas ngeblog itu sendiri.

Seperti yang kita tau blogger Indonesia bermacam-macam. Mereka menulis sesuai passionnya masing-masing. Ibarat hobi ada yang suka makan, ada yang suka baca buku, ada yang suka jalan-jalan, dan ada pula yang suka jadi pengamat. Dan itu sah-sah aja. Banyaknya jenis blogger inilah yang kemudian membuat keberadaan blogger dilirik oleh banyak pihak terutama untuk urusan promosi.

Tahun 2014 kemarin adalah masa dimana blogger menuai kepercayaan. Tidak hanya dipercaya sebagai promotion web dengan tugas job reviewnya, namun mereka juga dipercaya untuk menghadiri suatu acara dan bersedia mendukung dengan mengulasnya di blog. Kepercayaan ini justru menjadi penghargaan tersendiri bagi blogger sebab secara tidak langsung mereka telah berdiri tegak dan bersanding dengan para jurnalisme.

Untuk tahun 2015 nanti prediksi saya Trend Blogger Indonesia lebih diyakini sebagai juru promosi. Hal ini telah dibuktikan dari banyaknya perusahaan event organizer baru yang masuk ke Indonesia dengan membawa berbagai macam pekerjaan yang cocok untuk dikerjakan oleh blogger seperti buzzer di social media, job menulis review atau job melakukan action.

Diluar kegiatan online, undangan untuk blogger macam gathering, seminar, pembukaan usaha baru juga tak luput dari liputan blogger. Kesemua itu membuktikan bahwasanya selain promotion handal, blogger juga memiliki nilai keistimewaan yang tak hanya sekedar menulis. Dengan tingkat emosi yang cenderung stabil dengan gaya bahasa yang positif mereka memiliki nilai istimewa yang jauh bila dibandingkan dengan jurnalis media.

Barangkali ada teman-teman yang ingin menambahkan prediksi Trend Blogger Indonesia di tahun 2015 ini seperti apa? Monggo sharing rame-rame 🙂

36 thoughts on “Prediksi Trend Blogger Indonesia 2015 kian bersinar

  1. Wih, kalau makin banyak job review oleh para Blogger berarti bakan lahir kode etik juga dong, kaya jurnalistik hehe..
    Yup, semoga tahun 2015 menjadi lahan rezeki bagi para Blogger. Dengan tulisan kita terkenal cielaaah :p

  2. kalo tren GA itu setiap saat ya mbak? hehe

    semoga tahun 2015 para blogger makin friendly, mau baca postingan orang dan komentar gak keluar dari tema tulisan. Gak cuma bersikeras biar ranking alexanya ramping…

  3. Daku termasuk yang biasa-biasa saja sama trend, Yuni 🙂
    Pokoknya update blog, menulis dengan suka-suka, senang hati, masalah rejeki itu semua itu kesempatan yang rugi kalau nggak dimanfaatkan 😀

  4. Iya tuh, kalender baru >.<
    Wuih, satu blog satu tema itu keren!
    Bener nih, satu blog gado-gado aja udah usik, apalagi banyak.
    Ya, semoga kecipratan promosi yang baik-baik. 😀

Leave a Reply