Bisnis

Tiket Kereta

Seperti pengalaman sebelumnya yang selalu kesulitan mendapatkan tiket, saat ke Jakarta beberapa hari lalu saya mencoba membeli tiket di Ind*maret. Sejak diberlakukannya tiket online yang bisa dibeli 90 hari sebelum keberangkatan, keadaan itu terasa berimbas pada sulitnya mendapatkan tiket kereta, terutama kelas Bisnis dan ekonomi.

Sempat takut kehabisan sih, apalagi rencana keberangkatan saya berbarengan dengan hari kejepit nasional. Dan jangan tanya lagi berapa harga yang dipatok, yang pasti lebih tinggi dari harga normal, kecuali kelas ekonomi yang murah meriah itu, harganya gak memandang warna kalender! Dan kelas itu yang saya suka.. 😀

Pagi-pagi jam 9, tepatnya seminggu sebelum keberangkatan saya pergi ke Ind*maret. Sambil tanya-tanya dan pilih-pilih lalu kemudian memutuskan, akhirnya saya beli 2 tiket PP sekaligus. Rupanya membeli tiket kereta dengan menunjukkan KTP membuat transaksi menjadi lama. Harus mengisi nama penumpang, nomor KTP serta No. Handphone. Namun itu semua juga demi kenyamanan calon penumpang, kan.

Beli tiket di Ind*maret itu ternyata lebih gampang. Selain gak perlu antri diloket, juga saya bisa melihat kursi kosong yang tersisa langsung dari servernya PT KAI. Jadi sang kasir gak bisa bilang tiket habis kalau di server masih tersedia.  

Yah meskipun harga di Ind*maret selisih harga Rp. 3.500/tiket dibanding beli langsung di Stasiun, wajarlah itu keuntungan toko, dan lagi saya dikasih bonus Mie Cup 1 biji. pokoknya apa-apa yang namanya bonus, sesuatu banget deh 😀

Dari struk yang dikasih Ind*maret itu nantinya bisa ditukarkan dengan tiket asli di Stasiun terdekat paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan. Tetapi dari pada nanggung resiko, hari itu juga struk itu segera saya tukarkan di Stasiun.

Karena baru pertama kali beli tiket di Ind*maret, awalnya saya ragu. Beneran gak ini struknya. Apa benar tinggal ngasih struknya aja yang cuma selembar kecil itu ke loket di stasiun? Sempat saya meyakinkan diri ke kasirnya Ind*maret, kalau-kalau struk saya itu gak diakui.

Dan setelah saya bawa ke loket memang benar, datang ke loket, ngasih struk dan KTP jadi deh dalam bentuk tiket.

Kesimpulan saya membeli tiket di Ind*maret mempermudah calon penumpang kereta untuk mendapatkan tiket secara instan. Bila dipikir-pikir, kalau ada yang jual tiket terdekat begini ngapain dulu saya harus jauh-jauh ke stasiun apalagi pke antri segala. Dan ngapain gak sedari dulu Ind*maret jualan tiket. Malah kadang sudah ngoyo-ngoyo antri lalu tiba-tiba tiket dinyatakan habis. Apalagi belinya mendadak, bikin ngenes, kan..

Jadi teman, kalau kamu berencana pergi keluar kota dengan kereta usahakan beli tiketnya jauh-jauh sebelum hari keberangkatan. Supaya hati tentram dan pikiran gak pusing mikirin tiket.

*catatan: Postingan ini bukan iklan, hanya untuk berbagi saja.. 😀

21 thoughts on “Tiket Kereta

    1. Betul Pak, malahan klo beli di Stasiun sering dibilang habis, padahal di agen/calo ada. Apa memang agen/calo lebih diprioritaskan? 😀
      Tapi semenjak beli tiket harus dengan KTP keberadaan calo bisa ditekan

  1. aku saking takut kehabisan belinya via telp mbak baru deh transfer. Syaang banget ya kita gak bisa ketemuan. Pokoknya nanti kalau ke Bekasi lagi harus ketemuan ya. Kalau bisa sbeelumnya sudah dikabari ya 🙂

  2. whoaaaa…
    baru tau lho bisa beli tiket kereta di Indomaret mba…
    praktis banget yah, dimana2 ada soalnya…

    Di Indomaret juga bisa beli tiket konser 2 PM dan fanmeeting nya Lee Min Ho lho mbaaa..hihihi…*super penting*

  3. Berdasarkan rekomendasi dari tetangga yg pengalaman beli tiket di Indomaret, maka sayapun pernah mencobanya dan memang banyak keuntungannya.
    Jauh lebih praktis dan lebih nyaman ketimbang beli di stasiun

  4. Wah, baru tau, Yun…ternyata beli tiket kereta api itu nggak harus di stasiun atau agen perjalanan. Di toko deket rumah dengan nama inipun ada…thanks informasinya ya, bisa dicoba nih kapan-kapan 😉

  5. Hi Mba Yuni…iya, aku belinya online, hihiii…Alhamdulillah diberikan kemudahan oleh PT KAI, semoga kedepannya fasilitas KA juga dibenahi, itu sudah terlihat lo Mba di setasiun JAkarta…

    Salam
    Astin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *