Resep sehat dan menjaga komitmen ala Cosmopolitan

Berawal dari undangan Mbak Ita, Marcomm Cosmopolitan, yang disampaikan Mak Injul kepada saya melalui Whatsapp, Kamis, tanggal 6 November 2014 saya berkesempatan mengikuti Cosmo Roadshow Surabaya yang diselenggarakan oleh majalah Cosmopolitan

Acara ini mengambil tema Start Your Healthy and Career with Commitment dengan menghadirkan narasumber Alexander Sriewijono (psikolog) dan Yuda Bustara (Celebrity Chef).

Malam itu Center Stage Cafe and Resto di jalan Panglima Sudirman 47-49 tampak serba merah sebab semua undangan menggunakan dresscode merah, sesuai yang tertera di undangan.

Pukul setengah tujuh malam saya tiba di Center Stage and Resto. Acara memang belum mulai tapi undangan sudah banyak yang berdatangan. Setelah terlebih dulu mencari Mbak Ita dari Cosmo untuk ngobrol-ngobrol sejenak, saya lantas melakukan registrasi. Ow, rupanya setelah mengisi data saya dikasih godie bag berisi produk WRP. Bersamaan itu saya juga ditawari produk jelly drink WRP dengan hanya menambah uang sepuluh ribu rupiah. Katanya, harga normal jelly drink ini empat belas ribu. Ah, lumayan lah dapat promo murah. Asiikkk… *mata ijo dapat diskonan* 😀

Kebetulan saat registrasi saya barengan sama Mbak Nining aka Mbak Dwi Sari yang juga baru datang. Pas ngeluarin uang mau bayar jelly drink, panitia gak ada uang kembalian. Uang saya lima puluh, uangnya mbak Nining seratus ribu. Ya udah akhirnya bayarnya digabung. Dan baiknya, mbak Nining gak mau uang jelly drinknya nya saya gantiin. Makasih lho Mbak Nining, kamu baik banget deh mmuah! 😀

Sebelum acara dimulai semua peserta dipersilakan menikmati hidangan dulu. Disana ada Spagheti, soup, sayuran yang (seperti dimasak capcay), dan ayam yang entah apa namanya, saya gak paham. Yang penting lidah saya mengatakan enak hihi

Seluk beluk diet sehat

Seperti yang biasa dikeluhkan wanita, melakukan diet itu tidak gampang. Selain harus rajin olahraga, makanan yang dikonsumsi juga harus diatur terutama kandungan gizinya. Dan mengatur kandungan gizi inilah yang kadang menyulitkan. Kadang-kadang demi mengejar kelangsingan para pelaku diet seringkali melakukan perbuatan keliru yaitu mengurangi porsi makan bahkan sampai tidak makan sama sekali. Padahal pengertian diet sebenarnya adalah menjaga pola makan dengan tetap mengutamakan kandungan gizi makanan.

Bincang diet sehat bersama WRP
Bincang diet sehat bersama WRP

Dan tau gak sih bahwa ternyata orang diet itu tetap boleh ngemil. Supaya kebiasaan ngemil tidak merusak program diet, camilannya harus yang banyak mengandung serat. Salah satu camilan yang berserat adalah WRP cookies. WRP cookies merupakan snack berserat dengan kalori terkontrol 50 kalori/keping.

Oya, bagi kawan-kawan yang ingin melakukan program diet, saran saya jangan asal diet. Apalagi asal nyomot di internet. Sebaiknya jika benar-benar ingin diet konsultasilah ke dokter lebih dahulu supaya hasilnya maksimal dan agar kondisi badan tetap sehat, sebab kondisi badan masing-masing orang itu berbeda.

Demo masak Chicken Cordon Bleu dan Chicken Soup sehat

Setelah dijelaskan tentang seluk beluk diet sehat, sesi selanjutnya adalah membuat masakan sehat ala Chef Yuda Bustara.

Untuk membuat menu yang sehat salah satu alternatifnya adalah dengan mengurangi proses menggoreng. Seperti yang dicontohkan oleh Chef Yuda, ketika membuat Chicken Cordon Bleu daging ayam yang telah dipotong tipis diberi minyak kelapa atau live oil lalu dimasak menggunakan oven. Sebelum dimasukkan oven ayam lebih dulu dibumbui garam dan merica lalu ditaburi keju parut dan diatasnya ditambahkan smooked beef. Lama mengovennya sekitar 7-10 menit dengan suhu 180 derajat.

Begitupula saat membuat Chicken soup, Chef Yuda juga tidak menggunakan minyak. Pertama-tama mentega dimasukkan panci lalu ditambahkan bawang merah, bawang bombay dan seledri. Tambahkan tepung untuk supaya supnya kental. Masukkan kaldu ayam. Terakhir daging ayam. Bumbunya garam dan merica bubuk.

Chef Yuda Bustara mengaduk Soup
Chef Yuda Bustara mengaduk Soup

Pesan yang disampaikan Chef Yuda “Tidak ada makanan tidak sehat, yang ada gaya hidup tidak sehat

Self Commitment

Dalam hidup komitmen itu penting. Seperti yang disampaikan Alexander Sriewijono, Psikolog dan founder of Daily Meaning, “Jatuh cinta itu anugerah, tapi memutuskan untuk menjaga cinta itu komitmen”.

Banyak orang bimbang ketika menentukan jalan hidup. Baik itu dalam hal karier maupun jodoh. Sebuah penelitian mengungkapkan sebanyak 30,3% orang mendapatkan pekerjaan sesuai cita-citanya semasa kecil, sedangkan 34,1% masih bermimpi mengejar cita-citanya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi suatu komitmen:
faktor intrinsik positif – negatif dan faktor ekstrinsik positif – negatif.

Dibawah ini contoh-contoh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik:
Faktor Intrinsik Postif contohnya “saya sangat ingin melakukannya”
Faktor Intrinsik Negatif contohnya “saya sungguh tidak ingin melakukannya”
Faktor Extrinsik Positif contohnya “lakukan ini maka anda mendapatkan bonus”
Faktor Extrinsik Negatif contohnya “jika tidak melakukan ini anda mendapat hukuman”

Pak Alexander menjelaskan tentang komitmen
Pak Alexander menjelaskan tentang komitmen

Mempunyai cita-cita adalah bagian dari indahnya berangan-angan, tapi mewujudkan dan menjalaninya adalah sebuah KOMITMEN

Seperti halnya ketika mencari pasangan hidup. Kadangkala karena perasaan terpaksa wanita tidak memikirkan tujuan awal menikah. Asal cinta, maka pernikahan tetap berlanjut, padahal untuk menjalani biduk pernikahan diperlukan sebuah komitmen.

“Pasangan bukan sekedar punya, namun harus saling-saling berkomitmen”.

Intinya jangan mulai dari yang anda punya tapi mulailah dari yang diinginkan sebab You are the owner of your own life!

Diajak foto sama orang ganteng seperti ini lupakan sejenak komitmen :D
Diajak foto sama orang ganteng seperti ini lupakan sejenak teori komitmen! hihi

12 thoughts on “Resep sehat dan menjaga komitmen ala Cosmopolitan

Leave a Reply