Makan rujak mangga tanda kehamilan?

Kenapa ya makan buah mangga dikaitkan sebagai tanda kehamilan?

Beberapa hari ini saya melihat orang jual mangga yang dikupas lalu dibelah seperti bunga. Bentuknya mekrok. Cantik. Buah mangga ini dijual 5000 rupiah sebiji. Hmm.. mahalan sih menurutku. Tapi karena buahnya mengkel dan rada manis tetap aja dibeli. Mau gimana, pengen, sih. Lagian kalau beli buah mangga ini sama yang jual suka dikasih bumbu gula sama serbuk garam dicampur cabe. Hmm.. bikin lidah trecep-trecep πŸ˜€

Tadi pagi sepulang dari pasar Ibuk membeli sekilo mangga. Rencananya mangga itu mau dibuat brengkes tongkol.
Tau kan brengkes?
Ada yang bilang brengkes itu pepes.
Mestinya untuk brengkes pakai blimbing wuluh. Karena gak ada blimbing wuluh Ibuk meggantinya dengan mangga.

Begitu saya lihat bentuknya, buah mangga itu seperti yang saya beli di orang lewat harga 5000-an tadi. Penasaran berapa sih harga mangga ini dipasar. Ibuk bilang sekilonya 5000 rupiah. Saya buka didalam plastik ada 4 biji buah. Wah lebih murah dong..

Eh, tapi nggak ada bumbu gula manis sama garam cabenya.. Ya udah akhirnya niat rujak’an dan bikin bumbu sendiri aja..

Membuat bumbu rujak manis itu lebih mudah. Bahan-bahannya lebih sedikit ketimbang bumbu racikan buat rujak petis. Kalau rujak petis, bumbu wajibnya petis. Sedangkan rujak manis, bumbu wajibnya pakai gula merah.

Umumnya bumbu rujak manis antara lain: Cabe, bawang putih yang sudah digoreng, garam, asam matang, kacang sambel yang sudah digoreng, sama gula manis/gula batok. Setelah diuleg ditambahkan air supaya jatuhnya encer.

Di Surabaya sendiri banyak ditemui penjual rujak manis. Disepanjang jalan Polisi Istimewa berderet-deret penjual rujak manis. Harga yang dipatok relatif, yang paling mahal dijual 10 ribu rupiah. Buahnya macam-macam, mulai dari timun, bengkuang, mangga, melon, jambu air, belimbing, apel, pepaya, nanas, semangka, dan tahu goreng.

Nah gara-gara ada mangga dirumah jadilah saya membuat rujak manis sendiri. Bumbu yang saya pakai seadanya saja. Yaitu:
Cabe rawit sesuai selera
Garam secukupnya
Asam manis, dikasih banyakan supaya asamnya kuat
Gula merah, kasih banyakan biar bumbunya banyak
Air secukupnya

Cara bikinnya:
Cabe, garam diulek samapi halus. Tambahkan asam, diuleg lagi. terakhir baru dikasih gula merah yang sudah diiris lembut biar mudah ngulegnya. Kasih air, uleg lagi biar rata. Jadi deh!

Selanjutnya tinggal potong-potong buah yang ada. Saya pakai buahnya mangga, timun sama bengkuang. Adanya cuma itu, sih.. πŸ˜€

Hasilnya seperti ini:

Rujak buah bikinan sendiri :D
Rujak buah bikinan sendiri πŸ˜€

Ngomong-ngomong, selain mangga, rujak manis ini juga termasuk jenis makanan sebagai tanda kehamilan lho.. jadi jangan kaget kalau sedang makan mangga lalu ada teman yang nyeletuk: β€œngidam, ya?” haha

12 thoughts on “Makan rujak mangga tanda kehamilan?

  1. Ngidaaaam yaaaa!!! *aamiin*

    oiya rujak manis polisi istimewa kalah yahud mbak sm sampingnya telkom ketintang…..kalo di polisi istimewa situ, beli siang sorean agak malem uda agak bau…..
    beda sm yg di telkom ketintang, masih yahuuuud πŸ˜€

    *IMHO

  2. Duuh.. baca post nya bikin ngiler, sore2 gini emang enak nya bikin rujak hihi makan rujak = tanda hamil? bisa jadi mba, ibu hamil kan rata2 ngidam nya rujak πŸ˜€

Leave a Reply