Women Techno

Alpha 5100, Mirrorless baru dari Sony

Tren fotografi belakangan ini begitu marak. Apapun jenis momen segalanya dapat dengan mudah diabadikan. Kecenderungan menyimpan momen ini membuat orang berlomba-lomba menghasilkan gambar yang bagus disertai efek yang unik sehingga foto yang disajikan menjadi lebih bercerita

Geliat fotografi yang seolah tak ada matinya ini membuat produsen kamera semakin kreatif menciptakan produk dengan tingkat kecanggihan dan fitur yang menarik agar para pencinta seni fotografi dapat lebih memaksimalkan hasil jepretannya. Salah satu vendor yang terus berinovasi melakukan terobosan fitur baru adalah Sony.

Siapa yang tak kenal Sony. Sebagai merk produk teknologi terkemuka, baru-baru ini Sony telah melaunching Mirrorless type baru, yaitu Sony Alpha 5100 atau disebut dengan Mirrorless Sony A5100

Sony Mirrorless A5100
Sony Mirrorless A5100

Launching Sony A5100 yang saya ikuti bertempat di Surabaya Town Square, 13 September 2014 jam 16.00. Selain melaunching produknya, Sony juga membuka workshop tentang fotografi sekaligus mengadakan lomba foto menggunakan mirrorless A5100. Pembicara yang dihadirkan oleh Sony sore itu adalah Enche Tjin.

Siapa Enche Tjin?
Yang hobi fotografi pasti taulah..
Enche Tjin itu seorang fotografer sekaligus pengelola web di infofotografi.com

Enche Tjin
Enche Tjin

Dalam kesempatan itu tema yang diulas Enche Tjin adalah Kamera DSLR VS Mirrorless.

Dewasa ini kamera DSLR memang sangat digemari. Alasan utama pengguna DSLR memiliki kamera jenis ini adalah ukuran sensor yang digunakan lebih besar. Selain itu autofocus pada DSLR lebih cepat ketimbang kamera digital biasa. Sangat wajar jika hasil jepretan kamera DSLR begitu tajam dan mempesona.

Namun ada kekurangan yang dimiliki DSLR sehingga banyak fotografer yang ‘ogah-ogahan’ membawa DSLR ketika hunting foto. Kendala utamanya adalah berat, besar dan berkesan kurang ringkes. Belum lagi tambahan accesoriesnya seperti lensa, tripod, dan sebagainya.

Sony yang sebelumnya memakai awalan NEX untuk pasaran mirrorlessnya kini telah berganti nama.

Untuk menjawab kekurangan itu, Sony hadir dengan produk Mirrorlessnya. Produk yang baru dilaunching adalah Sony A5100. Mengusung tagline Trensetter. Sharp shooter. Sony A5100 memiliki keunggulan spesifikasi, antara lain:
– Sensor 24,3 Mega Pixel CMOS
– Fast Hybrid Auto Focus
– Mesin processornya menggunakan Bionz-X
– Touch screen with touch Shutter
– Terdapat Wifi dengan NFC

Keunggulan menggunakan kamera mirrorless Sony jika dibanding menggunakan jenis DSLR adalah:
Casual: point and shoot dan ringkes
Enthusiast: lebih banyak tombol, kinerja lebih tinggi dan jendela bidik
Profesional: Weather seal, full frame sensor, spesalisasi.

Tampilan layar LCD pada A5100 ini dapat dimiringkan, lho, hingga 180 derajat. Jadi ketika pengguna ingin berselfie ria tak perlu lagi memutar-mutar kameranya. Cukup menarik layarnya saja keatas.

Tampilan Mirrorless Sony A5100
Tampilan Mirrorless Sony A5100

Lebih dari itu Sony A5100 juga dibekali aplikasi sehingga pengguna lebih leluasa mengedit fotonya tanpa harus menggunakan program photoshop.

Untuk lebih detailnya, berikut tampilan Mirrorless Sony A5100:

Sony Mirrorless A5100
Sony Mirrorless A5100 layarnya bisa diputar
Sony Mirrorless A5100
Sony Mirrorless A5100 dalam posisi nyala
Sony Mirrorless A5100 dari samping
Sony Mirrorless A5100 dari samping

Mirrorless Sony A5100 tersedia 3 pilihan warna: White, Black, dan Bronze

Mirrorless Sony A5100 ini belum ready Surabaya, tapi jika teman-teman ingin memilikinya bisa melakukan preorder mulai 27 Agustus – 21 September 2014. Harganya sekitar Rp. 8.075ribu.. dengar-dengar, sih kalau preorder hingga tanggal diatas akan dikasih diskon 500ribu. Berminat? 😀

13 thoughts on “Alpha 5100, Mirrorless baru dari Sony

    1. Kecanggihannya hampir setingkat dengan DSLR, Bu Titi. Kalau keunggulannya sih tetap di DSLR karena accesoriesnya optional seperti lensa dan flash bisa diganti-ganti. Untuk perempuan seperti kita-kita cocoknya memang pke mirrorless

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *