Menikmati sedapnya Udon dan Tempura di Marugame Udon

17 comments 16381 views

Siapa tak mengenal Udon dan Tempura, jenis makanan dari Jepang yang sedang populer di Indonesia. Di Surabaya restoran yang menyediakan udon dan tempura adalah Marugame Udon. Restoran ini baru dilaunching dan merupakan outlet ke 8 di Indonesia namun jadi yang pertama di Surabaya. 7 outlet lainnya sudah ada di Jakarta, antara lain di Mall Taman Anggrek, Gandaria City, Summarecon Mall, Kota Kasablanka, Bintaro XChange, ByWalk Mall, dan Ciputra Mall Cibubur.

Didepan resto Marugame Udon TP3 Lantai 5

4 Juli 2014 lalu saya berkesempatan menikmati menu di Resto Marugame Udon yang berlokasi di Tunjungan Plasa 3, Lantai 5 #37-44 Surabaya. Restoran dengan outlet memanjang terdiri dari 2 ruangan terpisah, ruang kitchen dan ruang untuk menikmati makanan. Sebelum masuk ke dalam restoran, saya terlebih dahulu mengamati disain interior dan eksterior yang begitu ‘Jepang’ banget. Dibagian kitchen tampak staff berseragam putih berjibaku dengan alat-alat dapur dan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.

Masuk ke dalam restoran atmosfer yang terasa adalah ruangan khas rumah Jepang dengan dinding kayu yang disekat serupa bingkai kotak-kotak disertai accesories khas negeri Jepang. Terdapat pula tulisan Jepang yang dipajang di sebagian dinding dan atap restoran berbentuk genteng. Pencahayaan lampu pijar dengan penerangan yang kalem menyorot meja-meja kayu yang diatasnya terdapat bumbu tambahan udon dan tempura tertata rapi dan saling bersentuhan satu sama lain. Deretan kursi tanpa penyangga badan seakan menambah kesan kerapian ruangan.

Interior Marugame Udon

Udon adalah makanan berjenis mie dengan tambahan kuah serta taburan toping memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta kuliner. Sedangkan tempura diminati karena menggunakan bahan dasar alami seperti seafood dan sayur-sayuran yang diproses dengan cara digoreng sehingga ada kenikmatan tersendiri saat menyantapnya. Lengkapnya kombinasi zat makanan yang terkandung dalam Udon dan Tempura inilah yang kemudian membuat kehadiran 2 jenis makanan ini layak dikonsumsi dan menjadi kuliner andalan kala perut kosong. Sesuai taglinenya, The 1st Authentic Japanese Udon Restaurant in Indonesia, Marugame Udon hadir untuk memenuhi keinginan pecinta kuliner di Surabaya.

Marugame Udon berdiri dibawah naungan PT Sriboga Marugame Indonesia (SMI) yang tak lain anak dari perusahaan PT Sriboga Ratu Raya yang membeli lisensi waralaba dari Jepang. Untuk mengembangkan bisnis yang berbasis terigu, setelah sukses dengan outlet Pizza Hut di Indonesia dan Sriboga Bakery, kini PT Sriboga Ratu Raya membuka outlet baru dengan nama Marugame Udon. Rencananya, dalam 5 tahun kedepan PT SMI akan membuka 38 outlet yang tersebar di 5 kota besar di Indonesia, antara lain: Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan.

3 Konsep unik Restoran Marugame Udon

Dalam setiap pengembangan produk selalu saja ada inovasi baru yang diangkat sebagai bagian menarik minat konsumen. Dan inovasi itulah yang kemudian dijadikan konsep oleh Marugame Udon. Uniknya, konsep ini terbilang baru dan menjadikan keunika tersendiri.

Open Kitchen
Tak banyak restoran yang menggunakan konsep open kitchen. Kitchen sebagai ruang utama memproses suatu hidangan umumnya kotor dan berantakan. Namun Marugame Udon menghalau alasan itu dan malah menjadikan kitchen sebagai bagian dari daya tarik restoran. Dengan konsep ini diharapkan pembeli dapat melihat langsung proses pengerjaan sembari menilai sendiri kerapian dan kebersihan kinerja para staff Marugame.

Kitchen Marugame Udon

Freshly Cooked
Udon sangat asyik dinikmati saat hidangan masih panas. Oleh karena itu agar hidangan selalu baru Marugame Udon selalu menyuguhkan dengan cara freshly cooked. Hidangan yang sudah 20 menit tidak dibeli konsumen, secara langsung akan dipinggirkan dan tidak dihidangkan lagi. Mengingat tekstur udon yang mudah mengembang jika tidak segera disantap dan bentuknya menjadi tidak menarik lagi.

Self Service
Berangkat dari konsep makanan cepat saji, Marugame Udon berupaya menghadirkan suguhan dengan cepat dan tepat kepada konsumen. Dimulai dari membuat udon hingga siap dihidangkan, pembeli tak perlu menunggu waktu lama. Pengalaman saya waktu tunggunya sekitar 3-5 menit saja.

Serunya ber-Self Service
Agar bisa menyantap Udon dan Tempura di Marugame, setiap pengunjung yang datang tidak diperkenankan untuk langsung menempati meja. Tetapi harus memesan dulu melalui kitchen. Jangan khawatir bingung memilih menu karena dibagian depan kitchen sudah disediakan papan menu beserta harganya. Mau udon, mau Rice, atau ingin mengambil tempura, bebas pilih sendiri. Inilah salah satu keunikan konsep yang ditawarkan oleh Marugame Udon.

Self Service Marugame Udon

Self Service Marugame Udon

Penasaran dengan konsep yang ‘tak biasa’ ini saya pun mencoba memesan makanan. Dimulai antri dulu karena jalur yang disediakan hanya satu. Tapi jangan khawatir antrinya tak memakan waktu lama kok karena staff Marugame begitu lincah dalam melayani pembeli.

Begitu didepan kitchen saya segera memesan makanan. Untuk buka puasa saya memilih Tendon Seafood Rice. Rice di Marugame ini menggunakan nasi Jepang dengan tekstur nasi yang punel. Setelah pesan saya tetap berdiri sambil menunggu makanan selesai diproses. Sambil menunggu itu saya mendapat pemandangan yang luar biasa. Meski semua staff tampak sibuk namun sama sekali tak terdengar bunyi ‘glondangan’ suara alat dapur yang bergesekan dengan lainnya. Uap-uap yang dihasilkan dari air mendidih tampak meruap memenuhi ruangan. Lebih menakjubkan, staff di sana ramah-ramah. Mereka bekerja sambil tetap tersenyum kepada pengunjung. Tak berapa lama Tendon Seafood Rice saya selesai diproses. Langkah selanjutnya adalah memilih tempura dengan jenis yang disukai. Selesai semuanya baru kita menuju kasir untuk totalan.
Oya sebelum dihitung, Mbak kasirnya akan memberikan pilihan minum. Mau soft drink, air mineral atau Ocha. Mau Ocha panas atau Ocha dingin. Ocha yang disediakan Marugame ini Ocha import, lho! jadi jangan kaget kalau rasanya masih terasa sepet. Enaknya, minum Ocha di Marugame boleh direfill!

Nikmatnya Tendon Seafood Rice Marugame Udon
Tendon Seafood Rice adalah nasi Jepang dengan toping Kakiage (tempura sayur), Skewered Tofu (udang kulit tahu) dan Ebi tempura. Sebagai pelengkap diatasnya ada taburan daun bawang dan saus. Jika di cekricek, makanan saya itu memiliki kombinasi zat makanan yang lengkap. Ada karbohidrat, protein, dan vitaminnya. Nasi yang punel dipadu kakiage yang krenyes membuat lidah saya seakan bergoyang. Apalagi jika menyuap nasi dengan udang kulit tahu yang lembut dan empuk, semakin terasa menggoda saja. Ebi tempura yang dibalut tepung renyah semakin membuat saya semangat untuk menyantap lagi dan lagi.

Tendon Seafood Rice Marugame Udon

Tendon Seafood Rice Marugame Udon

Bila merasa kurang pedas atau ingin menambah saus lagi saya tak ragu-ragu untuk menyendok di tempat yang sudah disediakan di setiap meja. Beginilah self service ala Marugame Udon. Mengambil makanan sendiri, disantap sendiri, tapi tak merepotkan.

Menu-menu yang disajikan di Marugame Udon

Menu Udon di Marugame memiliki 8 pilihan dan 4 nasi, yaitu:
1. Kamaage Udon (Udon special disajikan dengan bukake dashi soup secara hangat)
2. Kake Udon (Udon dengan kake dashi soup)
3. Zaru Udon (Udon special disajikan dengan bukake dashi soup secara dingin)
4. On Tama Udon (Udon dengan bukake dashi soup dan telur ½ matang)
5. Tori Baitang Udon (Udon dengan soup kaldu putih dan bola-bola baso ayam)
6. Niku Udon (Udon dengan lebaran daging sukiyaki dan kake dashi soup)
7. Beef Curry Udon (Udon dengan lembaran daging sukiyaki dan disiram kuah)
8. Mentai Kamatama Udon (Udon dengan saus special, telur ikan mentaiko dan telur ½ matang)

On Tama Udon Marugame Udon

On Tama Udon Marugame Udon

Beef Curry Udon Marugame Udon

Beef Curry Udon Marugame Udon

Untuk Ricenya:
A. Sukiyaki Beef Bowl (Nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki yang gurih)
B. Beef Curry Rice (Nasi Jepang dengan lembaran daging sukiyaki disiram kuah kari kental)
C. Tendon Tori Rice (Nasi Jepang dengan toping tempura sayur, telur dan ayam)
D. Tendon Seafood Rice (Nasi Jepang dengan toping tempura sayur, ikan kisu dan ebi)

Beef Curry Rice Marugame Udon

Beef Curry Rice Marugame Udon

Tempura di Marugame Udon terdapat 11 jenis:
1. Ebi Tempura (Tempura Udang)
2. Tori Tempura (Tempura Ayam)
3. Cuttle Fish Tempura (Tempura Sotong)
4. Skewered Tofu (Udang Kulit Tahu)
5. Beef Croqutte (Kroket Daging Sapi)
6. Kakiage (Tempura Sayur)
7. Broccoli Tempura (Tempura Brocoli)
8. Egg Tempura (Tempura Telur)
9. Chicken Chili Tempura (Cabai Hijau Isis Ayam)
10. Sweet Potato Tempura (Tempura Ubi)
11. Inari (Nasi Bungkus Kulit Tahu)

Aneka Tempura di Marugame Udon

Aneka Tempura di Marugame Udon

Harga semua makanan diatas sangat relatif. Untuk Udon dan Rice harga yang ditawarkan mulai Rp. 33.000,- hingga Rp. 50.000,-. Harga untuk paket Family tertera Rp. 85.000,-. Sedangkan harga untuk tempura, mulai Rp. 7.000,- hingga Rp. 14.000,-. Pengunjung semakin termanjakan dengan harga-harga diatas karena di Marugame Udon ini harga yang dipasang sudah termasuk pajak!

Ayo ke Marugame Udon!

Marugame Udon di TP3 Lantai 5
Buat yang masih penasaran ingin datang ke resto Marugame Udon, teman-teman bisa berkunjung ke Tunjungan Plaza 3 Lantai 5 No. 37-44. Lokasinya tepat berada didepan tangga jalan food court. Alternatif lain yang bisa dilalui adalah dengan naik lift dari parkiran mobil langsung menuju ke lantai 5. Dari sana akan terlihat jelas tulisan Marugame Udon. Gampang, kok! Datang sama teman oke, datang bersama keluarga juga makin maknyuuss.. 🙂

author
Author: 
loading...
  1. author

    Beby3 years ago

    Enak donk kalok uda termasuk pajak, Mbak. Ngga kaget kayak makan di Sushi Tei. Teeeeet! Mengerikan harganya. Wkwkwk.. 😀

    Aku ngiler ebi tempuranyaaaa.. Hmmmm..

    Reply
  2. author

    nunu3 years ago

    Hiks ketinggalan kereta pas acara ini

    Reply
  3. author

    Mat Gembul3 years ago

    tendon sfiutnya bikin puasa terasa menyiksa.. 😀

    Reply
  4. author

    Dwi Puspita Nurmalinda3 years ago

    wah,,sayangnya aku nggak datang,,,

    Reply
  5. author

    Koran Gadget3 years ago

    mengerikan harganya untuk seukuran mahasiswa seperti saya 😀
    boleh lh dicoba kapan-kapan, mumpung masih lama di surabaya 😀

    Reply
  6. author

    Andy3 years ago

    haduh godaan di saat waktu berbuka masih lama, hehehe
    aku kurang suka makanan Jepang sih mba udah sering dikasih sama temen kantor makanan seperti ini, tp selalu nolak ini lidah & tenggorokan. Maklum lidah orang kampung 🙂

    Reply
  7. author

    HM Zwan3 years ago

    okeh,catetttttttttttttttttt….terakhir ke surabaya makan sushi dkk di TP juga,dari sekian foto yg menarik untuk diincip adalah Tendon Seafood Rice Marugame Udon,kayaknya enakkkkkkkkkkkk 😀

    Reply
  8. author

    Lidya3 years ago

    aduh mbak bikin pingin aja mana lagi puasa hehehe

    Reply
  9. author

    prih3 years ago

    Tempura ebi dan sweet potato ebinya paling awal mudah diterima lidah saya Jeng. Harganya cukup ramah tidak mencekik kantong. Salam

    Reply
  10. author

    Idah Ceris3 years ago

    Tertarik dengan Beef Curry Udonnya. . .Hisssh. Enak2 kabeh. . .

    Reply
  11. author

    Dunia Ely2 years ago

    makanannya masih sing buatku mbak

    Reply
  12. author

    pizza delivery bintaro1 year ago

    oh pantesan kalo saya liat kok selalu antre panjang.. ternyata memang sistemnya self service kayak hokben gitu ya?

    Reply
  13. author

    Anis Hidayah1 year ago

    Lengkap banget ulasannya kak,,,,, wah kalau seukuran anak kost, bisa nyicip tempuranya saja tuh kak,,,, tapi yaw tidak ada salahnya dink ama rasa udon nya, hehehehe. Mahal nggak apa – apa yang penting enak 🙂

    Reply
  14. author

    kursus kecantikan1 year ago

    reviewnya sik, serasa menikmati langsung..hehe jadi ngiler

    Reply
  15. author

    Berita Terkini Hari Ini Sindonews10 months ago

    Asyik sekali konsepnya, open kitchen dan self service, banyak juga piihan menunya. Bisa jadi referensi untuk yang suka wisata kuliner nih 😀

    Reply
  16. author

    Piroan7 months ago

    Ngiler mbak lihat ginian waktu puasa… :p

    Reply
  17. author

    Halomuda7 months ago

    Waduh… rasanya apa sama kayak yang ada di malang ya? 😀

    Reply

Leave a Reply